Jepara  

Agus Sutisna Dukung Inovasi Perumda Aneka Usaha di Kabupaten Jepara

DIRESMIKAN: Pembukaan inovasi usaha baru milik Perumda Aneka Usaha yang berlokasi di Desa Suwawal Timur, Selasa (31/11/2023). (ANTARA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara, Agus Sutisna mendukung dan menghadiri pembukaan inovasi usaha baru milik Perusahaan Daerah (Perumda) Aneka Usaha yang berlokasi di Desa Suwawal Timur, pada Selasa (31/11/2023).

Perumda Aneka Usaha mempunyai inovasi baru berupa paving block dan batako (bata interlock), semen mortar, dan campuran material pengganti pasir yang diberi nama beton FABA Fc 10.

Produk tersebut dihasilkan dari bahan baku fly ash bottom ash (FABA), yang merupakan sisa hasil pembakaran batubara PLTU Tanjungjati B.

Baca juga:  Disdikpora Jepara Dorong Satuan Pendidikan Pahami Regulasi PPDB

Dalam sambutannya, Direktur Perumda Aneka Usaha, Nur Cholis menyampaikan, dalam meluncurkan produk tersebut pihaknya telah melakukan kajian dan analisa terkait potensi yang dimiliki Jepara.

“Dengan pabrik ini, kami ikut membantu pemerintah daerah mengurangi penggunaan material tambang, karena semua produk kami murni menggunakan FABA,” terangnya.

Dalam kesempatan yang diberikan, Agus Sutisna sangat mendukung peluncuran produk baru perumda dengan melakukan pemanfaatan limbah dari PLTU Tanjung Jati B.

“Kita berharap inovasi ini betul-betul bisa digunakan oleh masyarakat dan bisa menambah kontribusi terhadap pendapatan asli daerah. Kita dukung terus perumda aneka usaha dalam berinovasi dan gunakan terus produk-produk asli Kabupaten Jepara,” ujarnya.

Baca juga:  Permukiman Kumuh di Jepara Menurun

Agus Sutisna berpesan kepada masyarakat agar jangan pernah takut untuk menggunakan produk dari perumda aneka usaha, karena telah mengantongi uji laboratorium untuk kualitas produk tersebut.

“Mari gunakan produk dari perumda aneka usaha, karena sudah teruji kualitas dan kelayakannya. Sehingga bisa mengoptimalkan nilai ekonomi FABA menjdi produk yang bernilai tinggi,” ajaknya. (hms/mg4)