Dewan Ingatkan Pemkab terkait Seleksi Eselon

Anggota DPRD Kabupaten Pemalang Moh. Safi’i
Anggota DPRD Kabupaten Pemalang Moh. Safi’i. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Akan diadakannya seleksi, rotasi, dan mutasi Jabatan Eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang mendapat perhatian anggota DPRD Pemalang. Mereka mengingatkan kepada Pemkab agar dalam pelaksanaannya tidak ada penyelewengan kembali seperti masalah sebelumnya.

Anggota Komisi A Bidang Pemerintahan Moh. Safi’i menuturkan, pihaknya siap memantau langsung pelaksanaan seleksi tersebut. Karena melihat kasus sebelumnya, puluhan ASN di lingkungan Pemkab Pemalang terjerat kasus Jual Beli Jabatan (JBJ) yang menyebabkan pemberhentian secara tidak hormat maupun penurunan jabatan.

Baca juga:  Kodim 0711/Pemalang Terus Dukung Percepatan Pembangunan Daerah

“Kalau proses awal rotasi dan mutasi jabatan untuk 6 pejabat Eselon II yang tersisa, kita serahkan saja ke Pemkab, monggo. Tapi tahapan selanjutnya pada pengisian jabatan yang kosong harus jadi perhatian,” tuturnya.

Penekanan pada seleksi tersebut dilakukan, karena semuanya dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel) dan tim pelaksana kegiatan (TPK), sehingga harus ada pengawasan langsung nantinya. Dengan harapan, eksekutif bisa lebih bijak pada pelaksanaan seleksi ini, belajar dari kejadian yang sebelumnya.

“Harus belajar dari sebelumnya, karena kemarin benar-benar jadi noda hitam untuk Pemkab Pemalang. Ke depan, mereka yang terseleksi harapannya bisa sesuai dengan kompetensi pada penempatannya, agar kinerja mereka bisa lebih maksimal untuk mendukung program pembangunan Pemalang,” ucapnya. (fan/abd)