Kemarau Jadi Penyebab Harga Bahan Pokok Meroket

Kepala DKUKMPP Bantul Agus Sulistiyana
Kepala DKUKMPP Bantul Agus Sulistiyana. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Di Kabupaten Bantul harga bahan pokok (Bapok) di beberapa komoditas melambung tinggi, seperti cabai, beras, gula dan lainnya. Kenaikan itu dikarenakan oleh beberapa faktor, salah satunya kondisi musim kemarau yang panjang.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Bantul Agus Sulistiyana mengknfirmasi adanya beberapa komoditas yang mengalami kenaikan agak tinggi. Menurutnya, penyebab melonjaknya harga yaitu terjadinya pengurangan produksi yang disebabkan oleh kondisi musim kemarau.

“Sedangkan untuk prediksi turunnya harga, kami belum bisa memastikan akan terjadi kapan, karena faktornya banyak. Jadi tidak bisa memprediksi turunnya. Kami hanya berupa untuk membuat harga stabil kembali. Namun, kami tetap membantu agar stoknya selalu tersedia, jangan sampai harganya sudah mahal, stoknya tidak ada,” ungkapnya.

Baca juga:  Ajak 1.000 Srikandi Berwirausaha

Menurutnya, pihaknya sudah mengupayakan ketersediaan produk tersebut melalui Bulog. Bahkan mendapatkan support dari Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk melakukan beberapa operasi pasar (OP).

Sementara, langkah-langkah yang akan diambil dengan melakukan operasi pasar, terkhusus di daerah-daerah yang jumlah penduduk kurang mampunya masih tinggi. Seperti di Kapanewon Imogiri dan Kapanewon Dlingo.

“Jadi kami akan fokuskan terlebih dahulu ke daerah yang kemiskinannya lebih tinggi. Sehingga di Desember nanti kami juga akan menyelenggarakan Imogiri Big Sale, dengan mengundang distributor untuk menjual barang lebih murah,” pungkasnya.(cr13/sam)