Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Nobar Series Nussa dan Rara, Tanamkan Toleransi pada Anak

CERIA: Anak-anak Desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang bersama mahasiswa KKN Reguler 81 UIN Walisongo Posko 21 usai nobar series Nussa dan Rara, Senin (6/11/2023). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 UIN Walisongo Posko 21 menggelar nobar (nonton bersama) series Nussa dan Rara untuk anak-anak Desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, pada Senin (6/11/2023).

Kegiatan bertema Satu dalam Ragam, Bersama untuk Damai ini dilaksanakan untuk mengenalkan dan menanamkan sikap toleransi beragama dan akhlakul karimah sejak dini kepada anak-anak.

Acara berlangsung di Madin RUQ Cebur dan dihadiri oleh kurang lebih 60 anak dari berbagai dusun di Desa Kalibeji.

“Kegiatan nobar dilakukan untuk menanamkan sikap toleransi dan akhlakul karimah sejak dini, dengan memilih series Nussa dan Rara yang disesuaikan dengan rentang usia anak-anak. Kami ingin mereka dapat memahami pentingnya saling menghormati dan hidup berdampingan dalam keragaman,” ungkap koordinator kegiatan, Brillian Nurin.

Selain nobar, kegiatan ini juga diisi dengan tausiyah oleh Hartatik, selaku pengasuh Madin RUQ Cebur yang menyampaikan tentang pentingnya toleransi beragama.

“Setelah anak-anak melihat film tadi, ada banyak sekali pesan yang dapat diambil, salah satunya seperti di Desa Kalibeji ini terdapat berbagai macam agama. Walaupun lebih banyak yang beragama Islam, kita semua harus tetap saling menghormati dan harus saling membantu. Tidak boleh membedakan satu sama lain,” pesannya.

Ia berharap, kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi upaya-upaya serupa di masa depan, dan membawa pesan damai kepada generasi muda. (*/mg4)