Pantau Kesehatan Balita, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Berkontribusi dalam Kegiatan Posyandu Dusun Poncoruso

PEDULI: Mahasiswa KKN Reguler Angkatan 81 Posko 8 UIN Walisongo bersama kader PKK Desa Poncoruso, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang usai kegiatan posyandu, Kamis (9/11/2023). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan 81 posko 8 UIN Walisongo Semarang berkontribusi dalam kegiatan pos pelayanan terpadu (posyandu) di Desa Poncoruso, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, pada Kamis (9/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bidan Desa Poncoruso serta dibantu oleh ibu-ibu kader posyandu dan pada pelaksanaan kali ini dihadiri mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 Posko 8 UIN Walisongo Semarang.

Kegiatan posyandu dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali untuk memantau tumbuh kembang balita ini berlangsung di Balai Desa Poncoruso.

Anggota KKN Posko 8, Anisa Nur mengatakan bahwa posyandu memiliki manfaat yang sangat penting bagi balita.

“Kegiatan posyandu sangat bermanfaat karena selain memantau pertumbuhan anak seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, kegiatan posyandu ini juga dilengkapi dengan pemberian imunisasi untuk bayi yang memiliki peran penting untuk menjaga daya tahan tubuh,” jelasnya.

Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dusun Poncoruso, Rohmatun mengatakan, kehadiran mahasiswa KKN pada posyandu kali ini menambah semangat para peserta.

“Dalam pelaksanaan posyandu hari ini berbeda karena dengan kehadiran mahasiswa KKN para peserta posyandu terlihat lebih bersemangat. Hal itu dilihat dari kehadiran para peserta yang datang lebih awal dari biasanya,” kata dia.

Bidan Desa Poncoruso, Ina Rosita Sari mengucapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa KKN yang sudah turut berkontribusi dalam posyandu.

“Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada mahasiswa KKN yang sudah cekatan membantu proses posyandu hari ini seperti mengukur tinggi badan, menimbang berat badan, meracik obat untuk balita yang melakukan imunisasi serta membantu ibu kader posyandu dalam proses pembuatan PMT yang dimulai sejak pukul 6 pagi,” tuturnya.

Ia berharap, kegiatan rutin posyandu ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak di Dusun Poncoruso, serta dapat meningkatkan kesadaran para ibu, khususnya untuk rutin membawa anak-anaknya ke Posyandu. (*/mg4)