Bantu Pelaku UMKM Pasarkan Produk, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Seminar Digital Marketing

KERJA SAMA: Mahasiswa KKN Reguler 81 Posko 12 UIN Walisongo bersama Direktur CV Rizka Multidimensi H. Sugeng Riyadi, S.H usai kegiatan Seminar Digital Marketing, Minggu (5/11/2023). (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya di era serba digital ini, tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 Posko 12 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo mengadakan kegiatan Seminar Digital Marketing.

Mengangkat tema ‘Pemberdayaan UMKM Desa Berbasis Potensi dan Permasalahan untuk Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Digital’, acara ini berlangsung di Balai Desa Ngajaran, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, pada Minggu (5/11/2023).

Ketua Panitia Seminar Digital Marketing, Ilham Nugraha berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Ngajaran khususnya para pelaku UMKM untuk belajar mengenai konsep digital marketing dan komunikasi yang baik secara online. Juga tentang bagaimana perencanaan komunikasi digital marketing yang efektif.

“Adanya kegiatan ini diharapkan, para pelaku UMKM bisa belajar terkait pemasaran produk di era digital. Selain itu, mereka yang hadir bisa menyampaikan pendapat dan berdiskusi pada forum ini,” tutur Ilham.

Seminar diisi oleh H. Sugeng Riyadi, S.H. yang merupakan Direktur CV Rizka Multidimensi sebagai narasumber. Sebanyak 20 pelaku UMKM di Desa Ngajaran hadir dalam acara ini.

Sugeng menjelaskan bahwa pada era digital seperti sekarang, seorang marketing harus mengikuti perkembangan zaman yaitu dengan memanfaatkan media sosial dan handphone yang canggih sebagai sarana pemasaran produk yang lebih luas dan menarik.

“Dalam memasarkan produk secara digital bisa dimulai melalui aplikasi yang mudah digunakan dan sebagian besar orang memiliki yaitu WhatsApp (WA), dipromosikan dengan membuat status di WA, difoto dan di share di grup WA, bisa juga lewat Instagram, atau marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain,” terangnya.

Terakhir, Sugeng Riyadi juga memberikan tips kepada pelaku UMKM dalam menghadapi era digital agar produknya tetap laris terjual dan berani bersaing di pangsa pasar.

“Supaya produk kita dapat terus bersaing di pangsa pasar, salah satu kuncinya yaitu dengan mengikuti trend, selalu berterima kasih dan tersenyum kepada konsumen,” pungkasnya. (*/mg4)