Polres Bantul Imbau Masyarakat Waspada Berkendara di Musim Hujan

PENYOK: Sebuah mobil pick up Suzuki Carry yang tertimpa pohon tumbang, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Bantul mengimbau masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan saat berkendara di jalan. Terkhususnya pada saat memasuki musim hujan seperti ini, yang bisa menyebabkan berbagai hal terjadi.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menuturkan, saat musim hujan tingkat risiko berkendara akan semakin tinggi. Jalan raya bisa menjadi seperti medan ranjau yang siap memakan korban bila pengendara tidak fokus dan waspada.

“Ingat, saat kita berkendara baik naik mobil maupun motor bahaya itu ada di depan, belakang dan kanan kiri kita. Di musim hujan seperti ini bahayanya bertambah, ada yang datang dari bawah bahkan atas. Jadi saya harap pengendara penuh antisipasi saat berkendara di jalan,” ujarnya.

Baca juga:  Bawaslu Bantul Libatkan Ormas Cegah Politik Uang

Menurutnya, musim hujan umumnya rentan dengan angin yang kencang. Untuk itu, pengendara mobil dan motor wajib berhati-hati ketika parkir atau melintasi area yang banyak pohon dan papan iklan. Hal ini untuk mencegah bahaya yang datang dari atas.

“Banyak korban jiwa akibat bahaya dari atas tersebut, mulai dari tertimpa billboard sampai pohon tumbang. Sedangkan bahaya dari sisi bawah datang dari ranjau jalan berlubang yang tertutup genangan air,” ungkapnya.

Diketahui, akibat hujan deras disertai angin kencang, sebuah mobil pick up ringsek tertimpa pohon saat melin0tas di Jalan Ringroad Selatan tepatnya di Wirokerten, Banguntapan, Bantul, pada Senin (13/11).

Baca juga:  Pemkot Yogyakarta Akui Miliki Keterbatasan Olah Sampah

“Maka dari itu kami imbau agar selalu berhati-hati saat berkendara. Serta sebelumnya terlebih dahulu pastikan kondisi kendaraan sehat, tidak mengalami kendala apa pun,” pungkasnya.(cr13/sam)