Pemkab Pemalang Libatkan Ormas untuk Sukseskan Pemilu 2024

JELASKAN: Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan sambutan saat membuka acara pembinaan dan pengawasan ormas di Sasana Bhakti Praja, Rabu (15/11/23). (YUSRIL ASYHAR/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dalam menyambut Pemilu 2024, Pemerintah Kabupaten Pemalang (Pemkab) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pemalang giatkan agenda Pembinaan dan Pengawasan bagi Organisasi Kemasyarakatan (ormas) di Sasana Bhakti Praja, Rabu (15/11/23). Maksud dilaksanakan kegiatan ini merupakan sebagai sarana koordinasi antara Pemkab dan ormas guna menyukseskan jalannya Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 120 ormas yang aktif di Pemalang, di mana mereka menyimak materi dari narasumber mengenai peranan dan pemberdayaan ormas dalam menyongsong Pemilu 2024. Adapun pemateri dalam acara tersebut salah satunya disampaikan oleh Polres Pemalang yang diwakili AKP Agung Pranoto.

Baca juga:  Pemalang Kembali Mendapatkan Opini WTP

Dalam materinya, Agung menyebut ormas memiliki fungsi untuk meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat. Namun hal tersebut harus dibarengi dengan penegakan hukum dan norma yang berlaku. Apalagi di masa Pemilu saat ini, dikhawatirkan potensi pelanggaran norma etik organisasi kemasyarakatan akan mengingat masifnya manuver yang dilakukan oleh partai politik.

“Peran dan fungsi ormas sangat strategis di masyarakat. Pada musim Pemilu saat ini, maka perlu pembinaan mengenai larangan-larangan untuk ormas, salah satunya yang bersinggungan dengan partai politik,” sebutnya.

Agung menjelaskan, ormas memiliki kontribusi nyata dalam menyukseskan Pemilu. Dengan kuatnya aspirasi yang diusung, diharapkan dapat membantu jalannya integritas Pemilu, serta dapat meningkatkan partisipasi dan kesadaran berpolitik di masyarakat.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Bantu Renovasi Rumah Tak Layak Huni Milik Suhadi di Desa Tumbal

Meski begitu, pihaknya juga mewanti-wanti agar ormas tidak terlibat pelanggaran sekecil apa pun. Mengingat sanksi tegas berupa pencabutan izin hingga kurungan telah menanti bila ormas terbukti melakukan penyelewengan yang sebabkan kekacauan di masyarakat.

Sementara itu, Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, ormas memiliki banyak manfaat karena kehadirannya dapat membantu kinerja Pemkab di berbagai lini seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi hingga keagamaan. Lebih lanjut, Bupati mengimbau agar ormas turut mengawal dan melaporkan, bilamana terjadi penyimpangan oleh salah satu ormas yang dapat menimbulkan kekacauan dan ketidaknyamanan di masyarakat.

Baca juga:  Terkendala Tender, Penyerapan APBD Pemalang 2024 Belum Maksimal

“Kami ucapkan rasa terima kasih yang besar untuk ormas yang benar-benar tulus membantu memajukan Pemalang. Namun jangan segan melaporkan kepada kami jika ditemui organisasi kemasyarakatan yang melakukan penyimpangan di masyarakat,” tegasnya. (cr9/abd)