Z Corner Baznas RI Pertama di Indonesia ada di FEBI UIN Walisongo, Wujudkan Mimpi Mahasiswa Jadi Enterpreneur

Launching Z Corner BAZNAS RI atau Zakat Corner yang berlokasi di Taman Enterpreneur FEBI. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (18/11/2023). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Walisongo bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional( BAZNAS) RI dalam program “santripreneur” melaunching Z Corner BAZNAS RI atau Zakat Corner yang berlokasi di Taman Enterpreneur FEBI. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (18/11/2023) dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Walisongo Prof.Dr.M.Mukhsin Jamil,M.Ag., Dekan FEBI UIN Walisongo Dr.H.Muhammad Saifullah, M.Ag dan seluruh jajaran pimpinan UIN Walisongo. Peresmian Z Corner yang merupakan Z Corner Baznas RI yang pertama di Indonesia diresmikan langsung oleh Ketua BAZNAS RI Prof.Dr.KH.Noor Achmad,MA. Didampingi Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan,M.A.

Ada tiga Merek Usaha yang didampingi oleh BAZNAS RI di Zakat Corner UIN Walisongo yaitu Z Chicken, Z Coffe dan Z Mart. Z Corner ini kerjasama antara FEBI UIN Walisongo dengan BAZNAS RI untuk berkolaborasi memberikan program pemberdayaan masyarakat di Kalangan Mahasiswa yang berfokus untuk mencetak enterpreneur baru dikalangan Mustahik. Z Corner ini nantinya dikelola empat orang mahasiswa yang mendapatkan beasiswa kewirausahaan produktif dari BAZNAS RI. Dalam pelaksanaannya mereka akan didampingi oleh Laboratorium Manajemen Zakat(LMZ) FEBI UIN Walisongo.

Baca juga:  BRT Semarang Sering Asap Hitam dan Mogok, Dishub Beri Surat Peringatan Operator dan Akan Potong Subsidi

Ketua BAZNAS RI Prof.Dr.KH.Noor Achmad,MA menyampaikan Z corner program pemasaran yang sudah terintegrasi. BAZNAS RI bersama UIN Walisongo malakukan pemberdayaan kepada mustahik dari kalangan mahasiswa. Z Corner ini menjadi contoh mahasiswa bisa mengelola usaha dari harta zakat.

“ Harta zakat yang tidak pernah berkurang dan merugi, melalui Z Corner ini akan kami wujudkan bahwa pendampingan kepada mustahik untuk menjadi enterpreneur ini akan berkembang. Z corner dipilih karena semangat dari proposal serta ide usaha dari teman teman mahasiswa menarik, nantinya ada pendampingan yang baik dari LMZ . Mahasiswa diberikan permodalan dan infrastruktur serta pendampingan dan pembinaan,” ungkapnya.

“ Kajian tentang zakat juga perlu ditingkatkan ditingkat universitas, nantinya BAZNAS akan memberikan Beasiswa Program 1000 Doktor agar nantinya Indonesia menjadi fokus zakat dunia. Perlu diperbanyak juga literatur tentang Zakat serta riset tentang zakat. Sejauh ini yang dilakukan oleh BAZNAS adalah ilmu terapan dengan langsung memberikan pendampingan ke masyarakat dan kegiatan filantropi lainnya. Mahasiswa FEBI punya kekuatan itu diriset dan praktiknya bisa menginisiasi Z Corner lainnya. Sinergi antara Baznas dan dunia akademisi penting dilakukan,”pungkasnya

Baca juga:  Mahasiswa KKN Posko 11 UIN Walisongo Ikut Turut Ikut Serta Dalam Kegiatan Posyandu Di Desa Kandri

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Walisongo Prof.Dr.M.Mukhsin Jamil,M.Ag menyampaikan apresianya kepada BAZNAS yang setiap tahunnya membuat kegiatan bersama.

“ Z Corner ini merupakan bentuk kerjasama dan kerja riil antara UIN Walisongo dan BAZNAS RI. Kami berterima kasih dan kedepannya semoga banyak kerjasama lainnya seperti MBKM dengan kegiatan praktis mahasiswa dimensi bisnis dan sosial. Penguatan Enterpreneur dikembangkan melalui Z corner. Kegiatan yang bisa disinergikan lainnya adalah pendampingan Desa Santri Terpadu binaan UIN Walisongo dan community Development lainnya dan bersama sama berkontribusi menyelesaikan masalah bangsa. Serta berharap apa yang dilakukan FEBI dari rangkaian diikuti fakultas lain dan masif dan kontribusi terhadap penyelesaian masalah bangsa,” pungkasnya.

Baca juga:  Mempermudah Akses Hukum, JDIH Hadir di Seluruh Desa Jawa Tengah

Dekan FEBI UIN Walisongo Dr.H.Muhammad Saifullah, M.Ag menyampaikan ucapan terima kasih support Z Corner di Taman Enterpreneur, Taman yang merupakan rintisan dan gagasan bahwa FEBI menjadi Pioner, tidak hanya transfer knowladge tapu juga bagaimana menciptakan kreasi dan inovasi menjadi enterpreneur. Selain Z Corner yang merupakan distribusi produktif zakat juga ada usaha kerjasama dengan IKA Alumni FEBI dan Komunitas Bisnis Islam.

Acara dibuka dengan Obrolan Santai Enterpreneur yang diikuti oleh mahasiswa FEBI UIN Walisongo dengan pemateri Bapak Ferry Khusnul Mubarok Dosen FEBI UIN Walisongo dan Bapak Deden Kuswanda Kepala DivisOptimasi dan Pemasaran Produk Mustahik.(hms/rds)