10.469 Pelari Ikuti Borobudur Marathon 2023

BERSEMANGAT: Peserta berlari saat Borobudur Marathon 2023 di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jateng, Minggu (19/11/23). (ANTARA/JOGLO JATENG)

MAGELANG, Joglo Jateng – Sebanyak 10.469 pelari bakal bersaing menjadi terbaik dalam Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang mengambil start dan finis di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Minggu (19/11/23). Borobudur  Marathon (BorMar) tahun ini mengusung tema “Voice of Unity” dengan  menggelar tiga nomor yaitu full marathon, half marathon, dan 10K.

BorMar 2023 terasa istimewa karena kemeriahan, rute, dan jumlah peserta kembali sama seperti tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19.  Selain diikuti atlet lari nasional seperti Agus Prayogo, Betmen Manurung, Odekta Naibaho, Pretty Sihite, 78 pelari mancanegara juga hadir, di antaranya dari Kenya dan Ethiopia.

Baca juga:  Bank Jateng dan Kemenag Kabupaten Magelang Berkolaborasi Fasilitasi Kredit untuk ASN dan PPPK

Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana menjelaskan, Borobudur Marathon 2023 ini menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Magelang. Karena kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya pariwisata dan ekonomi.

“Terlaksananya Borobudur Marathon di Magelang, harapannya Candi Borobudur dan Magelang semakin dikenal luas oleh turis secara lokal hingga mancanegara. Karena, tidak hanya memiliki berbagai destinasi wisata bersejarah dan unik, Magelang juga sudah memiliki infrastruktur yang semakin berkembang. Melalui event ini, lomba lari ini akan dikenal luas dan melegenda. Apalagi Borobudur menjadi destinasi super prioritas,” kata Nana.

Baca juga:  Bank Jateng-TWC Kerja Sama Majukan UMKM Kampung Seni Borobudur

Sementara itu, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo selaku penyelenggara menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat, seperti Dinas Perhubungan, medis setempat, kepolisian, hingga masyarakat sekitar. Dia berharap, pada BorMar ini diharapkan ada pelari yang bisa melampaui catatan waktu rekornas yang dipegang Eduardus Nabunome yaitu 2 jam 19 menit 18 detik.

“Tahun ini, Borobudur Marathon juga mempunyai keinginan untuk naik level dengan mencoba membuka kesempatan menuju next step verifikasi untuk mendapatkan World Athletic Label. Inilah yang baru,” papar Budiman.

Pada bagian lain, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menyambut baik dan menjelaskan upaya serta komitmen Borobudur Marathon untuk meningkatkan kualitas standar event race menuju standar internasional. Dia juga menyebut, melihat dari kesiapan, dukungan keamanan, kenyamanan, rute yang berstandar, maka BorMar dijadikan ajang babak kualifikasi PON XXI/2024.

Baca juga:  Bank Jateng dan Kemenag Kabupaten Magelang Berkolaborasi Fasilitasi Kredit untuk ASN dan PPPK

Salah satu peserta Agus Prayogo menyatakan kesiapannya untuk tampil bagus di BorMar. Dia mengaku ingin menjadi bagian euforia BorMar. “Saya baru saja meraih emas SEA Games 2023, dan memperbaiki catatan waktu pribadi di Asian Games yaitu 2 jam 20 menit 53 detik. Sebelumnya 2 jam 21 menit 9 detik. Semoga saya bisa memperbaiki lagi di sini,” imbuhnya. (ara/abd)