Kembangkan Motorik Anak PAUD, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Kegiatan Tempel Menempel

ASAH KETERAMPILAN: Anak-anak PAUD Mangkelang, Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang menunjukkan hasil kegiatan tempel menempel bersama guru dan mahasiswa KKN Reguler 81 Posko 2 UIN Walisongo. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dalam upaya peningkatan kreativitas motorik anak, mahasiswa Kerja Kuliah Nyata (KKN) Reguler 81 Posko 2 UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan tempel menempel di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mangkelang, Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Kegiatan yang diusung oleh 15 mahasiswa KKN tersebut berlangsung pada Selasa (14/11/2023).

Ketua Pelaksana, Ma’rifah Nugraha mengatakan, kemampuan motorik merupakan aspek penting bagi anak usia dini. Sebab, keberhasilan keterampilan dan kemampuan pada tahap motorik ini akan membantu anak untuk tumbuh dan berkembang.

“Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan motorik anak adalah melalui kegiatan tempel menempel,” katanya.

Selain untuk mengembangkan motorik anak, kata Ma’rifah, kegiatan ini juga menghadirkan gelombang keceriaan.

“Kertas sudah kami sediakan, anak-anak hanya perlu menempel. Saat menempel, kakak KKN juga mengkomunikasikan dengan permainan tepuk tangan,” sambungnya.

Guru PAUD Mangkelang, Tri Hartini mengucapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa KKN UIN Walisongo.

“Dari pribadi maupun lingkungan, kami sangat berterima kasih sudah dibantu mahasiswa KKN. Terlebih datangnya mahasiswa KKN di PAUD ini dengan inovasi kegiatan tempel menempel,” ungkapnya.

Menurut dia, selain mengembangkan motorik, kegiatan ini juga bisa melatih kesabaran anak agar tidak asal dalam menempel.

“Semoga mahasiswa KKN UIN Walisongo sukses selalu karena kalian adalah generasi yang selalu dinantikan masyarakat,” tandasnya. (*/mg4)