Pemkab Banyumas Gelar Pasar Tani untuk Kendalikan Inflasi

PANTAU: Penjabat Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro (kanan) meninjau salah satu stan dalam kegiatan Pasar Tani di halaman Kantor Dinpertan-KP Banyumas, Minggu (19/11/23). (ANTARA/JOGLO JATENG)

BANYUMAS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas menggelar kegiatan Pasar Tani sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi, khususnya yang dipicu oleh kenaikan harga komoditas pangan bertempat di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinpertan-KP) Banyumas, Minggu (19/11/23). Kegiatan itu melibatkan kelompok tani, gabungan kelompok tani, kelompok wanita tani, Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Banyumas, serta petani milenial.

Kepala Dinpertan-KP Banyumas Jaka Budi Santosa mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 12 stan dengan komoditas pertanian yang dijual berupa sayuran, buah, dan makanan olahan. “Ke depan, kegiatan ini akan kami lakukan setiap minggu. Artinya, minggu ini yang pertama, ya mungkin masih ada sana, sini, yang perlu diperbaiki, Insya Allah minggu kedua dan seterusnya nanti ada perbaikan,” katanya.

Selamat Idulfitri 2024

Ia berharap, Pasar Tani berikutnya akan semakin diramaikan oleh petani selaku produsen dan masyarakat selaku konsumen. Dengan demikian, kegiatan tersebut dapat mencapai tujuannya berupa mengendalikan harga dan inflasi khususnya komoditas pangan. “Kalau inflasinya terjaga, Insya Allah nanti kita mendapat manfaat bahwa pertumbuhan ekonomi itu nyata,” ungkapnya.

Selain untuk pengendalian inflasi, Pasar Tani tersebut juga ditujukan untuk memperkenalkan produk-produk pertanian Banyumas kepada masyarakat setempat. Pihaknya juga ingin memotong rantai distribusi pemasaran produk-produk pertanian yang selama ini cukup panjang, karena dari petani harus melalui pengepul dan pedagang sebelum didistribusikan ke konsumen.

Insya Allah dengan Pasar Tani ini, kami akan mendekatkan dari produsen atau petani langsung ke konsumen. Dengan begitu, bisa memotong rantai distribusi dan diharapkan akan menghasilkan harga yang kompetitif,” kata Jaka.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengapresiasi Pasar Tani yang diinisiasi oleh Dinpertan-KP Banyumas. Ia berharap, Pasar Tani yang baru diluncurkan tersebut dapat digelar setiap hari Minggu sebagai wujud keberpihakan Pemkab Banyumas kepada petani di samping untuk pengendalian inflasi.

“Ke depan kemungkinan kegiatannya enggak di sini, tetapi di GOR Satria Purwokerto. Jadi masyarakat tahu betul bahwa ada pasar murah yang diinisiasi Dinas Pertanian, dan itu langsung ketemu dengan petaninya langsung,” tandasnya. (ara/abd)