Pati  

Dinkes Pati: 29 Ribu Jiwa Derita Diabetes

Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia
Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati menyebut angka diabetes di daerahnya tergolong tinggi. Yakni sebanyak 29.060 orang yang menderita penyakit tersebut.

Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia mengungkapkan, angka itu dihimpun dari mulai Januari hingga September 2023 atau triwulan ketiga 2023 ini. Namun, jumlah penderita diabetes tersebut belum terdata semua.

Ia menyebut masih banyak masyarakat yang menderita penyakit tersebut tetapi belum terdeteksi dan mendapatkan pelayanan. Pihaknya pun menggencarkan penyaringan penderita diabetes dengan target menemukan 33.621 penderita pada tahun ini.

Baca juga:  Pj Bupati Pati Nyoblos di TPS Kalidoro

InsyaAllah kita capai target itu pada akhir tahun ini. Sampai saat ini, triwulan ketiga kita sudah melayani 29.060 orang. Kita berikan terapi. Ini yang kita ketahui dan kita catat. Mungkin ada yang belum diketahui dan karena enggan atau takut untuk medical checking,” jelasnya.

Aviani menilai, penyaringan ini diperlukan agar penderita diabetes dapat segera tertangani. Mengingat, semakin banyak penemuan angka diabetes.

Pihaknya berupaya melayani dan melakukan pendampingan agar penyakit ini semakin parah. Menurutnya, dampak penyakit ini semakin berbahaya bila tidak segera ditangani.

Baca juga:  Drainase Buruk, Jalan Puncel-Wedusan Sering Tergenang Banjir

“Ini memang bukan penyakit yang menular. Itu menyerang metabolisme. Perlahan- perlahan mulai syarat-syaraf yang diujung yang jauh di otak syaraf. Sampai ke mana-mana. Kekhawatiran kita sampai syaraf otak berbahaya,” kata dia.

Dia pun berharap kepada masyarakat untuk rutin melakukan cek kesehatan agar penyakit yang diderita bisa sedini mungkin terdeteksi. Termasuk penyakit diabetes. Ia menyadari penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, penderita diabetes bisa lebih hidup sehat bila ada intervensi medis. (lut/fat)