Kenaikan UMK Pemalang 2024 Hampir Sesuai Keinginan SPSI

SIBUK: Para Buruh di salah satu Pabrik Rambut Palsu yang melakukan produksi, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Pemalang resmi menyetorkan hasil perhitungan UMK yang dilakukan bersama Dewan Pengupahan Pemalang ke Pemprov Jateng pada hari terakhir pelaporan, Selasa (21/11/23). Disnaker mengungkapkan akan ada kenaikan UMK 2024 nanti, yang besarannya hampir sesuai dengan keinginan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Pemalang.

Kepala Disnaker Pemalang Moh. Sidik melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Jaminan Sosial (Hubinsyakel dan Jamsos) Titik Widiastuti menuturkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 51/2023 yang merupakan revisi atas Peraturan Pemerintah No. 36/2021 tentang Pengupahan, penentuan formula menghasilkan besaran kenaikan UMK sebesar 3,56 persen dari UMK sebelumnya. Oleh sebab itu, pihaknya mengajukan kenaikan sebesar Rp 74 ribu.

Baca juga:  Mansur Optimis Diusung 3 Partai Pemenang Pemilu

“Itu hasil perhitungan kami. Alhamdulillah besarannya hampir sesuai dengan permintaan SPSI Pemalang yang meminta kenaikan sebesar Rp 75 ribu. Kalau kami besarannya kurang lebih naik Rp 74 ribu dari UMK sebelumnya,” ujarnya.

Dari hasil itu, ia berharap pada pengumuman UMK pada 30 November nanti, angka tersebut bisa diterima oleh pemprov, sehingga kesejahteraan dan hak setiap buruh di Pemalang bisa meningkat. Hal ini akan berdampak pada pembangunan Pemalang yang semakin berkembangnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan permintaan serikat pekerja mandiri se-Indonesia untuk UMK naik 15 persen berdampak pada industri. Di mana bila menggunakan angka itu, para pelaku industri akan mengalami kerugian, bahkan dikhawatirkan gulung tikar.

Baca juga:  Kukuhkan 209 Kades Perpanjangan Masa Jabatan

“Tanggal 30 November nanti resmi diumumkan oleh Pemprov Jateng. Diharapkan tidak ada gejolak di Pemalang karena kita selama ini selalu tenang dan aman. Pastinya akan naik walaupun besarannya tidak sebesar di tahun sebelumnya,” ucapnya. (fan/abd)