Pemkab Bantah Ada Pihak Luar Cawe-cawe dalam Seleksi Direksi PTAU Pemalang

Ketua Pansel PTAU Bagus Sutopo
Ketua Pansel PTAU Bagus Sutopo.

PEMALANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Direksi PT Aneka Usaha (PTAU) membantah adanya cawe-cawe atau campur tangan pihak luar dalam tahapan seleksi direksi PTAU Pemalang. Dikatakan bahwa saat ini perusahaan milik daerah itu sedang mengalami transisi yang sulit dalam posisi pimpinan perusahaan, di mana mereka harus mempunyai kecakapan dan integritas tinggi.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Pemalang Bagus Sutopo sekaligus Ketua Pansel PTAU secara tegas membantah adanya kabar miring ini. Ia menjelaskan, tidak akan ada orang yang berani untuk cawe-cawe, bahkan seorang bupati sekalipun. Sebab seleksi ini harus menetaskan calon pimpinan terbaik untuk PTAU, terutama menyelesaikan permasalahan internal yang menyebabkan kerugian besar BUMD tersebut.

Baca juga:  KASN Minta Klarifikasi soal Pengisian JPTP Diskominfo Pemalang

“Perusahaan kemarin sudah rugi banyak, tidak mungkin Pemkab akan mengulang kesalahan yang sama. Jadi sesuai instruksi Pak Bupati, kami akan laksanakan seleksi ketat kepada setiap kandidat calon pimpinan PTAU, yang mempunyai kecakapan dalam penyelesaian masalah kerugian perusahaan sekarang,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dalam formasi komisaris ada 3 pendaftar yaitu Joko Hartoyo, Suyono, dan Titik Widyastuti. Sedangkan formasi direktur ada 5 nama, antara lain Anda Asri Hardiyanto, M. Sobirin F. Hamid, Kustoro, Roi Anjas Suprayogi, dan Wasis Karyoto.

Pada tahapan terakhir, seluruh calon yang lolos seleksi nantinya akan diwawancarai langsung oleh Bupati Pemalang. Bagus menuturkan, tahapan itu menjadi hal yang harus dilewati oleh setiap peserta, sebab hasil final nanti ditentukan langsung oleh Bupati sebagai kepala daerah.

Baca juga:  HUT PDAM Tirta Mulia, Bupati Minta Terus Berinovasi

“Keputusan akhir nanti di pak bupati. Beliau nanti akan melakukan wawancara langsung kepada para calon pendaftar dan diputuskan akan mengambil siapa,” pungkasnya. (fan/abd)