Kudus  

Dinsos P3AP2KB Sebut GenRe Mampu Hasilkan Remaja Produktif

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Dinsos P3AP2KB Mokhamad Nasiban
Kepala Bidang Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Dinsos P3AP2KB Mokhamad Nasiban. (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mendukung upaya pemberdayaan remaja produktif melalui Generasi Berencana (GenRe). Pemberdayaan remaja yang dilakukan dapat memberikan edukasi dalam berbagai bidang termasuk kesehatan reproduksi dan NAPZA.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Dinsos P3AP2KB Mokhamad Nasiban mengungkapkan, pemilihan Duta GenRe ini bertujuan untuk menciptakan figur yang tidak hanya menjadi teladan, tetapi juga menjadi motivator bagi rekan sebaya.

“Peran Duta GenRe akan sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada generasi muda mengenai kesehatan reproduksi. Selain itu, berperan juga untuk menggalang semangat untuk menjauhi narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS,” ungkapnya.

Baca juga:  TPA Tanjungrejo Bisa Digunakan Hingga Lima Tahun ke Depan

Pihaknya menyebut program GenRe merupakan wadah yang dapat membentuk karakter bangsa, dengan fokus memberikan pengajaran agar generasi muda menjauhi pernikahan dini, seks pra-nikah, dan penyalahgunaan napza.

“Dalam implementasinya, program ini akan mencetak Duta GenRe yang akan menjadi motivator di setiap regional. Sehingga, menjadikan sosialisasi kepada remaja memiliki dampak yang lebih bermakna,” imbuhnya.

Pihaknya menyebut, kesuksesan yang diraih merupakan hasil dari perencanaan yang matang. Ia menyampaikan pentingnya pengetahuan bagi generasi muda untuk merencanakan hidupnya ke depan.

“Generasi muda diharapkan dapat menjadi bonus demografi yang menjadi potensi tenaga kerja yang melimpah. Oleh karena itu, perencanaan yang baik harus dimulai sejak dini,” jelasnya.

Baca juga:  Olahraga Antar Kelas PGSD UMK Meriahkan Projek Akhir UAS PJOK

Pihaknya berharap kedepannya, melalui GenRe sebagai perwakilan anak muda Kudus, bisa menjadi agen perubahan serta dapat merancang kehidupan mereka dengan baik sejak usia dini dan turut menyuarakan beberapa program pemerintah.

“Dengan demikian, peran Duta GenRe diharapkan mampu membentuk generasi muda yang tidak hanya berprestasi, tetapi juga menjadi motor penggerak perubahan positif di masyarakat,” tandasnya. (cr11/fat)