Jepara  

Kunjungi Warga Rusus Nelayan Kedungmalang, Agus Sutisna Siapkan Solusi Pengadaan Air Bersih

SOSIAL: Penyaluran bantuan air bersih dari Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jepara, Agus Sutisna kepada warga rusus nelayan di Desa Kedungmalang, Kamis (22/11/2023). (HUMAS/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Kekeringan menjadi masalah di beberapa wilayah di Kabupaten Jepara. Oleh karena itu, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jepara, Agus Sutisna mengunjungi warga rusus nelayan di Desa Kedungmalang untuk memberikan bantuan air bersih dan menyiapkan solusi, pada Kamis (22/11/2023).

Agus Sutisna melakukan blusukannya ke rusus nelayan Desa Kedungmalang. Setelah mendapatkan laporan dari warga setempat yang kekurangan akan air bersih, ia pun langsung menindaklanjuti aduan warga.

Sebelumnya, warga rusus nelayan Kedungmalang kesulitan untuk mendapatkan air beraih. Mereka harus menampung air hujan yang ditadahkan ke tangki serta dibiarkan terbuka untuk menyimpan air bersih dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan dalam hunian warga rusus tidak terdapat sumber air baik dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ataupun sumur.

Baca juga:  DPRD Jepara Rencanakan Perda Ketahanan Keluarga

“Kami sangat sulit untuk mendapatkan air bersih. Kami hanya mendalkan suplai dari pemerintah dan air hujan yang kita tadahkan ke tendon,” ujar Ridwan, Warga Kedungmalang.

Dalam blusukannya, Agus Sutisna bersama tim memasok air bersih 4000 liter kepada warga rusus nelayan Kedungmalang yang mengalami kekeringan.

Bukan hanya mengandalkan suplai dari pemerintah, solusi untuk menangani hal tersebut juga dibutuhkan. Akan hal itu, Agus Sutisna menyiapkan solusi kurangnya air bersih.

Pertama dengan melakukan pengadaan tandon dengan ukuran jumbo. Kedua, pengadaan sumur bor dengan kedalaman maksimal sampai mencapai titik air tawar.

Baca juga:  Dukung Event Festival Lampion, Pj Bupati Minta IPI Persiapkan secara Matang

Ketiga, melakukan penyulingan dari air payau ke air tawar. Sehingga dengan disiapkannya solusi tersebut dapat memberikan jawaban akan sulitnya air bersih.

“Rusus nelayan Desa Kedungmalang ada 90 KK yang sangat membutuhkan akan air bersih. Maka dari itu kita tidak hanya mengandalkan suplai dari pemerintah. Akan tetapi kita juga menyiapkan solusi dan segera akan kita tindak lanjuti untuk menjawab kebutuhan akan air bersih,” pungkas Agus Sutisna. (hms/mg4)