Tumbuhkan Kreativitas Siswa lewat Fashion Show

PERCAYA DIRI: Salah satu siswi kelas 6 SDN Ngemplak Simongan 02 saat mengikuti fashion show dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional di halaman sekolah, belum lama ini. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – SDN Ngemplak Simongan 02 berupaya menumbuhkan kreativitas siswa melalui fashion show yang diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas. Di halaman sekolah, para siswa mengenakan busana yang terbuat dari bahan limbah sampah sekolah. Seperti plastik kresek, manik-manik, kawat, dan lain-lain.

Ketua Panitia, Niyah Mayasari mengatakan, rangkaian kegiatan ini diawali dengan pemberangkatan karnaval menggunakan dresscode yang ditetapkan yakni profesi dan batik. Kemudian flashmob guru, dan fashion show.

“Untuk busana fashion show ini inisiatif dari para orang tua. Mereka yang membantu anaknya mencari bahan limbah sampah, menjahit. Ini sebagai bentuk kerja sama antara siswa, guru, dan orang tua murid,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  Terapkan Konsep Pembelajaran Green Education

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk perayaan memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November. Tujuannya agar para siswa lebih mencintai sekolah sekaligus menumbuhkan rasa sayang terhadap guru.

Dalam merayakan hari guru, kata Niyah, beberapa siswa membuat dan membawa buket kecil yang berisikan permen. Hadiah ini diberikan langsung kepada guru kesayangan mereka.

“Disini anak-anak sudah pandai, tanpa diminta mereka sudah membuat (hadiah, Red.). Tentu dari kami sendiri sudah mengeduasi kepada mereka untuk menghargai jasa para guru,” jelasnya.

Baca juga:  AJI Semarang Tanggapi Kasus Oknum Wartawan Titip Menitip di PPDB

Kepala Sekolah SDN Ngemplak Simongan 02, Sugiyati menyampaikan bahwa sekolahnya telah dicanangkan sebagai Sekolah Ramah Anak. Dengan adanya kegiatan ini, para siswa diajak untuk saling bergotong royong, berkreasi, serta bekerja sama untuk saling mendukung sesama teman.

“Mereka saling menjalin kerukunan dan menyayangi sehingga tidak ada kekerasan atau bullying. Selain itu menumbuhkan semangat dalam berkreasi lewat P5,” ujarnya.

Dirinya berharap, para siswa dapat memupuk karakter yang baik. Kemudian mengembangkannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai yang diajarkan oleh para guru di lingkup sekolah.

Baca juga:  Berbaur Dengan Masyarakat Kandri, Mahasiswa KKN Posko 11 UIN Walisongo Ikuti Rutinan Fatayat

Sementara itu, salah satu siswi kelas 6 sekaligus penampil fashion show, Amelia Putri Rahmadani mengaku sangat antusias merayakan Hari Guru ini. Ia mengikuti lomba fashion show. Diakuinya, persiapan untuk mengikuti lomba ini dilakukan selama tiga hari.

“Busana ini dibantu sama orang tua, dan saya terinspirasi dari TikTok yang lagi viral dari sekolah lain,” pungkasnya. (cr7/mg4)