Bawaslu Pemalang Gelar Rakor Kehumasan untuk Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

SINERGITAS: Ketua Komisioner Bawaslu Pemalang Sudadi saat memaparkan sambutannya pada Rakor Kehumasan di Ruang Media Center Bawaslu Pemalang, Rabu (29/11/23). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pemalang menggelar Rapar dan Koordinasi (Rakor) Kehumasan dengan peserta Panitia Pengawas (Panwas) pada 14 kecamatan di Media Center Bawaslu Pemalang, Rabu (29/11/23). Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan keahlian panwas dalam kehumasan, terutama penyebaran informasi Pemilu 2024, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat kepada Bawaslu Pemalang semakin baik.

Ketua Komisioner Bawaslu Pemalang Sudadi mengatakan, kemampuan panwas dalam keahlian penyebaran informasi pada bagian kehumasan saat ini sangat dibutuhkan, terutama dalam penyebaran informasi terkait pencegahan sengketa pemilu atau tata cara pelaporannya. Tujuannya yaitu agar tingkat kepercayaan serta kepuasan masyarakat kepada Bawaslu Pemalang semakin meningkat pada Pemilu 2024.

Baca juga:  Bimbing Atlet, Pemkab Pemalang Gelar Turnamen Taekwondo

“Kita sengaja menggandeng para pelaku media yaitu PWI Pemalang, serta Polres Pemalang untuk memberikan paparan kepada para Panwas. Karena para awak media memiliki ilmu serta pengalaman tentang peliputan dan penyajian pemberitaan, sehingga para panwas dapat belajar dari forum diskusi ini,” ucapnya.

Selain itu, dalam penyampaian informasi panwas juga harus memperhatikan aspek-aspek seperti etika, nilai norma masyarakat dan aturan yang berlaku. Di mana nantinya mereka juga mampu meminimalisir penyebaran berita kebohongan atau hoax dan sara beredar di masyarakat yang marak terjadi pada saat masa kampanye seperti saat ini.

Baca juga:  Tangani Inflasi, Pemkab Pemalang Siapkan Operasi Pasar di 15 Titik

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Divisi Pencegahan Parmas dan Humas Syaefudin Juhri memberikan imbuhan kepada para panwas, agar bisa membuat kemasan konten menarik pada setiap penyajian informasi. Dengan begitu, masyarakat yang melihat tidak akan bosan, bahkan senang menyimak setiap informasi. (fan/abd)