BKPSDM Bantul Tekankan Tiga Hal Penting untuk ASN

PERINGATI: Tampak beberapa ASN di Bantul saat melangsungkan upacara peringatan Korpri ke-52 di Lapangan Paseban, Rabu (29/11/23). (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dalam momen HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bantul menekankan tiga hal penting terhadap formasi pegawai kedepannya. Hal itu mengingat adanya berbagai perubahan yang banyak terjadi seiring perkembangan teknologi.

Kepala BKPSDM Bantul Isa Budihartomo menyampaikan, tiga hal yang ditekankan yaitu penyesuaian terhadap perkembangan teknologi. Lalu, berkenaan dengan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kemudian Pemerintah Pusat telah membuat peraturan pemerintah turunan dari undang-undang ASN yang baru. Harapannya, akan ada korelasi antara kinerja dengan penghasilan yang bagus. Semoga saja bisa diterapkan di sini, sehingga akan mempercepat peningkatan kinerja teman-teman ASN,” terangnya.

Baca juga:  Lakukan Pengawasan untuk Jaga Kualitas Daging

Menurutnya, jumlah pegawai di Bantul saat ini berdasarkan perhitungan total kebutuhan dalam Peraturan Bupati (Perbup) tentang Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja, yakni ada sebanyak 11.000 ASN. Namun, saat ini jumlahnya 9.000 lebih dengan tambahan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), yang akan diumumkan di awal Desember.

“Namun itu perhitungan lama, padahal sekarang sedang berproses perhitungan baru setelah tumbuhnya digitalisasi. Artinya pasti ada jabatan-jabatan yang hilang, tapi ada juga jabatan baru,” ujarnya.

Adapun beberapa pegawai yang bisa terimbas pemangkasan, yaitu pegawai teknis. Seperti pengantar surat, pramu, pegawai administratif atau secara prinsip jenis pekerjaan yang bisa didigitalkan.

Baca juga:  Dinkes Kota Yogyakarta Berikan Pelayanan IVA dan Sadanis Gratis

“Ini tentu saja pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya administrasi. Tapi kalau pelayanan seperti rumah sakit, guru, itu tentu tidak bisa digantikan,” pungkasnya.(cr13/sam)