Kudus  

Kudus Sukses Berantas 6,16 Juta Rokok Hingga Akhir 2023

MUSNAHKAN: Salah satu truck dengan muatan rokok ilegal yang akan dimusnahkan oleh pemerintah, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JATENG)

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 215/PMK.07/2021 Bab II Pasal 8 ayat (1) huruf b disebutkan kegiatan didanai DBHCHT adalah program pemberantasan barang kena cukai ilegal untuk mendukung bidang penegakan hukum dengan operasi bersama pemberantasan barang kena cukai ilegal dengan Kantor Wilayah Bea Cukai dan/atau Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai setempat yang diinisiai oleh Pemerintah Daerah.

KUDUS, Joglo Jateng – Upaya sosialisasi ketentuan perundang-undangan di bidang cukai yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kudus buah hasil. Setidaknya selama semester I 2023, Tim Macan Muria Bea Cukai Kudus menindak sekitar 6,16 juta rokok dalam 3 hingga 4 kali setiap pekan.

Baca juga:  17 Desa di Demak Ikut Pencoblosan Pemilu Susulan

Penjabat Bupati Kudus Bergas C. Penanggungan mengatakan, upaya masyarakat dalam mendukung pemberantasan rokok ilegal berarti turut pula memberikan kontribusi pada pemerintah. Hal itu tentu dapat menunjang kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan dana cukai yang di dapat Kabupaten Kudus.

Maka, pihaknya ingin seluruh masyarakat Kudus dapat berkoordinasi dengan instansi terkait jika menemukan indikasi peredaran rokok ilegal di wilayahnya. Sebab, dengan upaya tersebut warga dapat ikut andil meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus Moh. Arif Setijo Nugroho mengatakan, pelanggaran terhadap aturan cukai melibatkan berbagai skema. Seperti penjualan online, pengiriman melalui perusahaan ekspedisi, dan distribusi konvensional melalui bus AKAP, maupun kendaraan pribadi. Serta penyembunyian di gudang atau rumah pribadi.

Baca juga:  Belasan Desa di Kudus Masuk TPS Rawan Bencana

“Seluruh barang bukti dan individu yang terlibat telah diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Untuk selanjutnya kami simpan sebelum akhirnya dimusnahkan,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, pemberantasan rokok ilegal semakin ditingkatkan melalui operasi penindakan dan operasi gabungan. Degan harapan agar pemberantasan rokok ilegal dapat dilaksanakan secara mudah.

“Kami bersinergi dengan penegak hukum agar segera berhasil dalam mengatasi penegakkan rokok ilegal yang tidak berizin,” imbuhnya. (cr11/fat)