KPU Bantul Ajak Mahasiswa Sukseskan Pemilu 2024

DISKUSI: Forum diskusi KPU Bantul bersama kampus se-Kabupaten Bantul di Buzan Hotel Yogyakarta, beberapa waktu lalu. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul mengajak para mahasiswa, untuk menjadi bagian penting dalam menyukseskan Pemilu 2024 mendatang. Dengan demikian, maka akan terwujud pemilu yang berintegritas.

Anggota KPU Bantul Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Mestri Widodo mengatakan, salah satu yang terpenting bagi mahasiswa yakni menggunakan hak suaranya. Namun, mereka juga dapat menjadi bagian dalam memantau atau mengawasi pemilu.

“Mahasiswa dari luar daerah juga bisa segera mendaftarkan diri pindah memilih, agar bisa menyalurkan suaranya. Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) bisa kami layani secara optimal sesuai hak suaranya. Itu yang terpenting,” ungkapnya.

Baca juga:  Kemenag Bantul Hasilkan 7 Program Outlook Baru, Siap Jalankan Tugas

Menurutnya, syarat pindah memilih yaitu sudah terdaftar sebagai pemilih tetap dari daerah asalnya. Kemudian, calon pindah memilih mempunyai surat pernyataan dari kampus sebagai mahasiswa aktif.

“Kami akan menata tempat penyaluran suaranya di TPS yang mereka minta atau menyesuaikan ketersediaan syarat suara di TPS itu. Artinya kalau di TPS yang dipilih sudah memenuhi kuota, maka akan dialihkan ke lainnya yang belum terpenuhi,” imbuhnya.

Sementara itu, Dosen Ilmu Pemerintahan di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD, Juang Gagah Mardhika menyampaikan, aktivitas akademik memiliki peran sebagai fungsi perubahan. Yakni menjadi penggerak perubahan, fungsi kontrol sosial dan fungsi menjaga nilai.

Baca juga:  Tingkatkan Produktivitas Padi, DP3 Sleman Kembangkan Varietas Padjajaran

“Artinya, mahasiswa dan dosen harus bersinergi dan bekerja sama untuk mewujudkan pemilu yang bermartabat. Untuk memilih pemimpin yang berintegritas dan tentunya dapat membawa kemajuan bagi bangsa,” terangnya.

Lebih lanjut, mahasiswa dapat mengambil peran dengan magang di KPU. Sehingga dapat membantu proses teknis penyelenggaraan dropping surat suara, agar terkondisikan dengan baik dan betul-betul belum dicoblos.

“Dengan begitu mahasiswa dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat, KPU betul-betul independent. Karena mereka melakukan pengawasan kepada setiap gerak langkah KPU. Sehingga sinegisitas ini dapat menjadikan pemilu yang betul-betul bermartabat,” pungkasnya.

Baca juga:  UAA Raih Peringkat Lima Universitas terbaik se-Yogayakarta

Sebelumnya, KPU Bantul telah menggelar pendidikan pemilih bagi perguruan tinggi se-Kabupaten Bantul. Yang dilaksanakan di Burza Hotel Yogyakarta, Jalan Jogokaryan Kalurahan Mantrijeron, Kapanewon Mantrijeron, Kota Yogyakarta, beberapa waktu lalu.(cr13/sam)