UPGRIS Kukuhkan 2 Guru Besar, Perkuat Capaian Akreditasi Unggul

SUASANA: Sidang Senat Terbuka Pengukuhan 2 Guru Besar Upgris, Kamis (30/11/23). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas PGRI Semarang (Upgris) melalui Sidang Senat Terbuka secara resmi mengukuhkan 2 guru besar baru. Dua Guru besar tersebut yakni, Prof Dr Endah Rita Sulistya Dewi SSi MSi Ilmu Lingkungan dan Prof Dr Achmad Buchori MPd untuk Ilmu Pendidikan Matematika.

Rektor UPGRIS, Dr Sri Suciati MHum mengatakan pengukuhan ini merupakan hasil kerja keras dari universitas untuk menambah jumlah guru besar di Upgris. Jadi, bertambahnya dua guru besar ini akan menambah semangat dari Upgris untuk mencapai target universitas berakreditasi unggul.

Baca juga:  MTsN 8 Sleman Terapkan Proses KBM Menyenangkan di Luar Kelas

“Kami ini bekerja keras untuk bisa menghasilkan para profesor dan termasuk yang akan menjadi profesor. Kita sudah membuat daftarnya,” ungkap Sri Suciati, Kamis (30/11/23).

Sementara itu, dalam orasi ilmiahnya, Prof Dr Endah Rita Sulistya Dewi SSi MSi menyampaikan tekait penelitiannya terhadap Sistem Bioflog Aquaponik ramah Lingkungan.  Sistem ini merupakan budidaya yang isa menghasilkan bahan pangan berupa ikan maupun tanaman budidaya tanpa menghasilkan limbah.

“Sikulus dalam sistem tersebut tidak ada limbah didalamnya. Karena limbah ini diolah untuk dimanfaatkan makhluk hidup yang ada dalam sistem Bioflog Aquaponik Ramah Lingkungan untuk mendapatkan budidaya yang baik untuk memperkuat ketahanan pangan,” terangnya.

Baca juga:  LP Ma’arif Jadi Pilar Pendidikan Masa Depan DIY

Sedangkan Prof Dr Achmad Buchori MPd menyampaikan orasi ilmiah tentang Mixed Reality Matematic yaitu gabungan antara augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Pembelajaran matematika dengan metode ini membuat bejar matematika menjadi mudah dan menyenangkan bagi anak-anak.

“Model pembelajaran matematika melalui AR dan VR sangat disenangi anak–anak dari TK hingga mahasiswa. Karena belajar matematika yang dianggap sulit itu menjadi menyenangkan,” ujarnya. (ara/mg4)