Dinkes Bantul Siapkan Rumah Sakit untuk Caleg Depresi

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Tri Widiyantara
Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Tri Widiyantara. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul akan menyiapkan rumah sakit bagi para calon legislatif (Caleg). Hal ini dikhususnya bagi caleg yang depresi usai proses pemilihan umum (Pemilu).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul Agus Tri Widiyantara menyampaikan, sebagai upaya antisipasi bagi pihaknya. Maka akan berkoordinasi dengan rumah sakit yang ada di Bantul, khususnya yang memiliki dokter spesialis kesehatan jiwa.

“Agar para dokter bisa mempersiapkan diri ketika nanti ada para caleg yang tidak terpilih mengalami depresi dan butuh perawatan. Baik itu yang hanya butuh rawat jalan maupun rawat inap,” ungkapnya.

Baca juga:  Akademisi UGM Sampaikan Petisi Kedaruratan Politik Indonesia

Pihaknya mengatakan, untuk saat ini rumah sakit di Bantul yang punya ruang rawat inap bagi pasien gangguan jiwa hanya Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Dr. S Harjolukito. Sedangkan, RSUD Panembahan Senopati hanya memiliki dokter kesehatan jiwa dan belum tersedia ruang perawatan khusus.

Sementara itu, pada Pemilu 2019 lalu tidak ada caleg yang sampai pada rawat inap. Namun, kemungkinan ada caleg yang mengalami depresi ringan atau hanya butuh rawat jalan.

“Jadi, jika memang perlu rawat inap nanti kita akan konsentrasikan di Hardjolukito. Sedangkan, untuk sosialisasi caleg soal ini belum ada. Soalnya khawatir mereka juga tidak mau diundang karena merasa tidak akan depresi,” ujarnya.

Baca juga:  Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Gandeng 390 Pangkalan, Pantau Distribusi LPG Tepat Sasaran

Sedangkan, untuk rencana pembuatan rumah sakit jiwa tersendiri, dirinya mengatakan belum ada. “Masih kita optimalkan rumah sakit yang ada saat ini. Ke depan mendorong RSUD bisa menyediakan ruang perawatan pasien kesehatan jiwanya,” pungkasnya.(cr13/sam)