Disperkim Kota Semarang Gencarkan Pembersihan Saluran Air

AKTIVITAS: Petugas Disperkim Kota Semarang membersihkan saluran air di salah satu wilayah Kota Semarang, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Kawasan Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang menggencarkan pembersihan saluran air di sejumlah titik wilayah. Kepala Bidang Permukiman Disperkim Kota Semarang, Irawan Ilham Prajamukti memperkirakan, pada tahun ini, sudah ada lebih dari 150 titik lokasi dibersihkan. Terutama di permukiman dan jalan raya.

“Biasanya itu asalnya aduan dari masyarakat bermacam-macam seperti lewat via aplikasi, media sosial,” jelasnya saat dihubungi Joglo Jateng, Senin (4/12/23).

Irawan mengungkapkan, pihaknya juga mengupayakan pengadukan sedimen di sekitar lingkungan. Hal itu dilakukan setiap hari guna mengantisipasi banjir.

Baca juga:  Sampah TPA Tanjungrejo Mulai Berkurang

“Kami juga ada beberapa peninggian di beberapa titik seperti di daerah cekungan. Contohnya di daerah Pedurungan dan Tlogosari yang masih termasuk dalam kategori saluran sekunder,” ucapnya.

Dalam mengantisipasi banjir saat musim hujan, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk ikut serta berkontribusi dalam pembersihan saluran. Diimbangi dengan kerja bakti di lingkungan rumah tangga masing-masing.

“Kalau volumenya kecil jangan sedikit-sedikit mengandalkan pemkot (pemerintah kota, Red.). Minimal warga kerja bakti guyub itu kan baik. Kalau memang dibutuhkan armada berat untuk ambil kita bantu ambil,” imbaunya. (cr7/mg4)