Membangun Budaya Akademik dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Oleh: Edi Robiyanto, S.Pd.SD.
Guru SD N 1 Setrokalangan, Kec. Kaliwungu, Kab. Kudus

MINAT belajar merupakan kemauan dalam diri seorang siswa agar terus semangat dalam mencari ilmu pengetahuan. Adapun indikator minat belajar siswa antara lain kesenangan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Indikator ini nantinya akan berguna untuk mengukur sejauh mana minat siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Dalam pembelajaran, penguasaan konsep juga tidak kalah pentingnya dari minat belajar. Penguasaan konsep merupakan kecakapan seorang siswa mengenai hal-hal mendasar setelah mengikuti pembelajaran.

Penguasaan konsep diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk peserta didik dalam memanfaatkan ilmu yang dimilikinya. Adapun indikator penguasaan konsep menurut Bloom adalah mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), mensintesis (C5), dan mengevaluasi (C6) (Anderson & Krathwohl, 2001). Indikator ini nantinya akan berguna untuk mengukur sejauh mana penguasaan konsep yang dimiliki oleh siswa.

Selama pembelajaran tatap muka yang dilakukan setelah dua tahun siswa mengikuti pembelajaran daring di rumah, minat belajar dan penguasaan konsep mereka masih terbilang cukup rendah. Hal ini terjadi karena banyak sekali guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang umum seperti hanya dengan ceramah lalu memberikan tugas siswa melalui LKS.

Sehubungan dengan permasalahan tersebut, sebaiknya guru menggunakan student centred learning. Dengan menggunakan student centred learning, proses pembelajaran dapat lebih mengesankan untuk para peserta didik. Karena mereka tidak hanya mendengarkan pengajar. Tetapi juga bisa mengeluarkan pendapat-pendapat mereka melalui diskusi kelompok yang akan membuat mereka lebih memahami materi pembelajaran. Salah satunya dengan model pembelajaran Pictorial Riddle berbantuan aplikasi Canva.

Pictorial riddle merupakan model pembelajaran yang mempunyai ciri khas permasalahan melalui gambar. Dalam model ini guru akan banyak bertanya mengenai pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan gambar.

Pictorial riddle memiliki beberapa kelebihan. Satu di antaranya ialah dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Sedangkan Canva merupakan aplikasi desain yang menyediakan banyak template dan animasi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran.

Canva sendiri juga memiliki kelebihan. Satu di antaranya ialah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS). Aplikasi Canva ini dipilih karena masih banyak guru yang tidak memanfaatkan perkembangan teknologi di dalam proses pembelajaran di kelasnya. Aplikasi Canva dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPAS.

Model Pictorial Riddle mengkolaborasikan model Pictorial Riddle dengan penggunaan aplikasi Canva. Pengaruh model pembelajaran yang berpusat pada siswa ini tidak terlepas karena terjadinya suatu pembaharuan dalam pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Adanya model pembelajaran Pictorial Riddle berbantuan aplikasi Canva membantu siswa dalam menemukan sendiri konsep dalam materi yang dipelajari. Selain itu penggunaan aplikasi ini juga membuat siswa lebih semangat dalam belajar.

Model Pictorial Riddle cocok dipadukan dengan pembelajaran IPAS. Karena para siswa akan dituntut untuk aktif dalam menemukan konsep-konsep baru dalam materi pembelajaran. Model Pictorial Riddle dapat membantu siswa menemukan sendiri konsep-konsep dasar dalam pembelajaran. Tidak hanya itu, model ini juga membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan meningkatkan berfikir kritis siswa. Karena mereka diberi kesampatan untuk berdiskusi bersama teman-temannya secara berkelompok.

Aplikasi Canva mempunyai kelebihan yaitu dapat meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Ini terjadi karena animasi-animasi yang disediakan oleh canva sangat beragam dan bisa memudahkan siswa untuk lebih mengerti pengaplikasian pembelajaran yang dipelajari di dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi Canva ini dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa di kelas. (*)