Demak  

Soliditas PPK KPU Demak Terus Diperkuat Jelang Pemilu 2024

PAPARAN: Tampak Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak saat memberikan arahan kepada jajaran PPK Demak, Senin (4/12/2023). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak meminta kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak untuk terus memperkuat soliditas dengan aparat setempat. Hal tersebut harus dilakukan demi menjaga kondusifitas wilayah di tersebut.

Ketua KPU Demak, Siti Ulfaati mengatakan, untuk tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah memasuki hari ke-74. Terlebih, tahapan jeda kampanye juga sudah terlewat. Selain itu, masa tahapan kampanye Pemilu sudah dimulai sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

“Untuk saat ini, Pemilu 2024 sudah memasuki diangka 75 hari. Hari ini kita sudah masuk tahapan kampanye. Yang sudah dimulai kemarin dan berakhir 10 Februari 2024 mendatang,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, Senin (4/12/2023).

Baca juga:  KPP Pratama Demak Apresiasi Wajib Pajak dengan Tax Gathering

Sementara itu, kata dia, untuk persiapan logistik juga sudah siap. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak juga sudah menerima beberapa logistik yang masuk di kantornya. Antara lain, kotak suara, tinta, alat coblos, dan lain sebagainya.

“Persiapan logistik kini sudah siap semuanya. Dan sudah ada yang masuk beberapa di Kantor KPU Demak,” tandasnya.

Menurutnya, KPU Demak telah berupaya untuk mencari Sumber Daya Manusia (SDM) terkait KPPS. Sebab, pada Senin (11/12/2023) mendatang, jajarannya akan melaksanakan pembentukan tenaga KPPS. Kendati demikian, tenaga PPK Demak juga diminta untuk terus melakukan koordinasi.

Baca juga:  Ibu-ibu Relawan Bantu Memasak di Dapur Umum Posko SMK Ganesha Gajah

“Kawan-kawan disini juga harus berkoordinasi dengan pemdes maupun kelurahan terkait petugas KPPS,” tukasnya.

Pihaknya juga menyampaikan pesan arahan dari KPU RI terkait upaya KPU daerah untuk terus menjaga konsolidasi dan kesolidan sesama elemen terkait.

“Demi terselenggaranya Pemilu 2024, tentu kondusifitas wilayah untuk terus dijaga. Agar hal itu berjalan lancar dan sesuai apa yang diharapkan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Demak Eisti’anah menjelaskan, jajaran KPU pusat hingga daerah kini sedang memilliki pekerjaan besar. Yaitu, melaksanakan tahapan Pemilu 2024. Terlebih, keberhasilan pemilu menjadi landasan jalannya politik kedepan.

Baca juga:  Danrem 073 Makutarama Tinjau Banjir di Karanganyar Demak

“Terlebih saat ini, pengelolaan logistik harus dipersiapkan secara matang mulai awal hingga akhir. Maka, perlu kita kawal pendistribusian terkait logistik agar tak rusak. Mereka juga harus siap bersinergi dengan KPU

Diharapkan, untuk pelaksanaan Pemilu 2024 ini bisa berjalan aman, kondusif, dan lancar. (cr12/fat)