Disdik Kota Semarang Gelontorkan Dana Rp 19 M untuk Sapras Pendidikan

LEBIH MODERN: Siswa SDN Kembangsari 02 belajar dengan fasilitas meja kursi baru dari Disdik Kota Semarang, Selasa (5/12/23). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang mengalokasikan dana sebesar Rp 19.192.000.000 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023. Yakni untuk memperbaiki sarana prasarana beberapa sekolah dasar negeri (SDN) di Kota Semarang yang mayoritas meja dan kursinya telah rapuh dan tua.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Sekolah Dasar Disdik Kota Semarang, Muhammad Farid mengukapkan, peremajaan meja kursi fabrikasi diperuntukkan untuk sekolah di sembilan kecamatan. Di antaranya Gajahmungkur, Ngaliyan, Tugu, Mijen, Candisari, Semarang Barat, Semarang Tengah, Gayamsari, serta Pedurungan.

Baca juga:  Kunjungi 9 Kecamatan, Pj Bupati Kudus Imbau Tingkatkan Pelayanan

“Kami terus berupaya memperbaiki kualitas pendidikan. Peremajaan meja kursi baru bagi siswa tersebut merupakan upaya peningkatan mutu dan modernisasi sarana pendidikan bagi sekolah dasar negeri (di, Red.) Kota Semarang,” ucapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Joglo Jateng, Selasa (5/12/23).

Ia menambahkan, total sekolah yang mendapat bantuan tersebut ada sebanyak 183 SDN. Peremajaan set meja kursi baru yang diberikan mencapai 10.074 buah.

“Pada awal Desember ini, keseluruhan set meja kursi baru tersebut sudah terdistribusikan ke sekolah-sekolah dasar negeri di sembilan kecamatan yang ada di Kota Semarang,” jelasnya.

Baca juga:  Mahasiswa Dilibatkan dalam Pengawasan Jalannya Pemilu

Ia berharap, pengadaan meja kursi baru bermaterial MDF rangka besi tersebut dapat memicu motivasi dan semangat belajar para siswa. Sehingga mereka bisa semakin unggul, hebat, berkarakter, dan berberbudi pekerti mulia.

Sementara itu, Guru PJOK SDN Kembangsari 02, Aryo mengaku bersyukur pihaknya menjadi salah satu sekolah dasar yang diberikan meja kursi baru oleh disdik. Menurutnya, para siswa menjadi lebih semangat dan nyaman setelah menggunakan fasilitas ini.

“Kalau tidak salah ada 56 set untuk meja kursi. Jadi seperti mirip di drama Korea dan mengikuti modernisasi saat ini,” ujarnya. (cr7/mg4)