Membangun Pengetahuan IPAS dengan Quizlet

Oleh: Yuyun Sosioroni, S.Pd. SD.
Guru SDN 04 Susukan, Kec. Comal, Kab. Pemalang

TEKNOLOGI merupakan sebuah pembaruan kehidupan era digital. Dalam pendidikan, teknologi merupakan sebuah inovasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Teknologi juga bisa dimanfaatkan sebagai penyambung pembelajaran dari jarak mana saja dan dengan siapa saja. Maka dari itu teknologi dapat membawa siswa menjelajah dunia dari mana saja untuk mencapai kebutuhan ilmu pendidikannya.

Teknologi ikut pula menyediakan keterlibatan yang bermanfaat untuk memperbaiki rancangan objektif, yang semula hanya tertuju sebagai bentuk penguraian dari bermacam-macam jenis ilmu dan pengalaman, menjadi pembelajaran yang menuju pada bimbingan dan pengembangan. Yakni agar dilakukan pendalaman keilmuan yang tertuju pada pemanfaatan dalam membangun masyarakat yang mampu terhadap pengetahuan (M. Yazdi, 2012).

Belum terlaksananya dengan baik pengembangan teknologi dalam sistem pendidikan dibuktikan dengan kesulitan yang dihadapi guru pada saat melakukan pembelajaran secara online. Perubahan dalam perkembangan teknologi sangat menguntungkan jika dimanfaatkan.

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran memerlukan guru yang terampil dan pemahaman perangkat digital dalam perancangan materi ajar. Selanjutnya memerlukan sebuah agenda supaya bisa melakukan kegiatan belajar dengan tepat.

Learning management system (LMS) yang sudah diubah dengan metode online menjadikan metode administrasi, pengarsipan, dan pemberitahuan seperti kegiatan belajar mengajar bisa dilaksanakan secara online. Penggunaan learning management system sangat baik bagi guru maupun siswa.

LMS dapat digunakan dengan waktu yang fleksibel dan di mana saja. Pengaplikasiannya yang mudah, terstruktur, dan menyenangkan sangat memudahkan siapa pun yang menggunakan. Selain itu materi dapat diberikan dengan lebih variatif berupa teks, audio, maupun audio visual.

Kelebihan dalam penggunaan LMS lainnya adalah siswa dapat belajar dengan mandiri. Untuk mengatasi permasalahan, pembelajaran mampu diselenggarakan dengan cara memadukan kegiatan belajar bertatap muka serta e-learning atau beristilah blended learning.

Salah satu penerapan yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi pembelajaran Quizlet. Quizlet merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang edukatif, inovatif, dan menarik.

Quizlet memiliki fitur-fitur interaktif bagi siswa dalam penggunaannya. Aplikasi ini dapat diakses melalui website ataupun di-download di Play Store dan iOS. Quizlet dapat diakses secara gratis.

Pada mulanya, aplikasi ini memang dibuat untuk siswa belajar bahasa. Namun kini Quizlet dapat digunakan untuk berbagai jenis mata pelajaran. Salah satunya sains sosial atau IPAS (ilmu pengetahuan alam dan sosial).

Penggunaan LMS ini juga termasuk suatu bentuk penilaian yang tidak membosankan. Dalam observasi penelitian yang dilakukan masih terlihat kurangnya pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang baik. Terutama dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi belajar karena guru kurang menguasai dan tidak mendapatkan pelatihan. Sekolah masih kurang mendukung guru untuk melakukan pelatihan dan memerhatikan siswa. Itu terlihat dari pelaksanaan belajar yang berfokus pada sumber buku.

Masih terlaksananya metode ajar secara tradisional membuat siswa merasakan kesulitan menghadapi perkembangan teknologi terutama di dunia pendidikan. Penggunaan teknologi yang hanya dikuasai yaitu alat proyektor membuat sistem pendidikan di Indonesia sangat terbilang kurang.

Pembelajaran IPA semestinya diajarkan secara bertahap, menyenangkan, dan memudahkan. Pembelajaran IPA sendiri harus diberikan sekreatif mungkin agar siswa dapat membangun jiwa dalam mencintai dirinya sendiri, lingkungan, serta alam.

Namun dari apa yang diajarkan di kelas nyata bahwa pembelajaran IPAS sendiri hanya diajarkan melalui sumber buku dan kurang membangun rasa keingintahuan siswa. Sangat disayangkan apabila pembelajaran tidak dilakukan dengan kreatif dan inovatif. Maka dari itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk melihat bagaimana penggunaan teknologi, terutama dalam pembelajaran IPA. (*)