Dinsos Jateng Buka Jendela Informasi

PAPARAN: Kepala Dinsos Jateng Imam Maskur saat presentasi Uji Publik KIP Jateng 2023 di Universitas Semarang, Rabu (6/12/23). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) turut serta dalam Uji Publik Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah 2023 di Universitas Semarang, Rabu (6/12/23). Melalui uji publik ini Dinsos Jateng mewujudkan terbukanya jendela informasi selebar-lebarnya pada masyarakat, serta transparansi informasi Badan Publik.

Uji publik ini merupakan tahap akhir pengawasan dan evaluasi dari Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang dilaksanakan Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan itu digelar untuk melihat tata kelola keterbukaan informasi publik di Badan Publik yang ada di Jawa Tengah. Dalam uji publik tersebut, Tim PPID Dinsos Jateng dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Imam Maskur, yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Moh. Sigit serta seluruh jajarannya.

Baca juga:  Wali Kota Semarang Dorong Penanganan Praktik Judol

Kepala Dinsos Jateng Imam Maskur mengucapkan terimaksih kepada seluruh jajaran PPID Dinsos, ketua, koordinator, dan seluruh pegawai yang terlibat, sehingga dapat mengantarkan pada Uji Publik KIP Award Provinsi Jateng 2023. Pihaknya menyampaikan, bahwa ini merupakan komitmen untuk terus memajukan keterbukaan informasi publik Bappeda selaku Badan Publik.

“Kehadiran seluruh tim PPID Dinas Sosial Jateng ini menunjukan komitmen tinggi. Hal itu tidak hanya dari pihak staf saja, namun juga mengakar dari pimpinan dinas untuk memberikan transparansi informasi kepada publik,” terangnya.

Dalam paparannya di depan juri, ia mengatakan, Dinas Sosial kini mengelola 27 panti dengan 29 rumah pelayanan (Rumpel), yang totalnya ada 56. Dalam pengelolaannya, Dinsos berupaya memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya.

Baca juga:  Ade Bhakti dan Iswar Siap Penuhi Panggilan KASN

Pihaknya juga menyampaikan, terkait dasar hukum keterbukaan informasi itu merupakan hal penting. Lantaran dasar hukum itu dijadikan landasan Dinsos Jateng untuk menjadi sebuah lembaga yang terbuka bagi publik dan masyarakat.

“Selain itu, kami juga berkomitmen dalam memberikan dan melayani masyarakat terkait keterbukaan informasi publik. Baik itu terkait sumber daya manusia maupun anggarannya,” tegasnya.

Lanjutnya, dalam memberikan informasi publik itu, Dinsos telah menyediakan portal pelayanan informasi publik dan aduan masyarakat, baik secara daring maupun luring. Itu semua didesain untuk mengakomodir kebutuhan seluruh lapisan masyarakat, termasuk disabilitas, ibu hamil, anak, dan lansia.

Baca juga:  Diangkat Wamentan, Sudaryono Batal Maju Cagub

Tak kalah penting, catatan prestasi-prestasi Dinsos juga disampaikan oleh Imam Maskur. Seperti menjadi SAKIP terbaik, kegiatan Tim Tagana yang tergiat, serta penghargaan atas keterbukaan informasi publik yang informatif selama tiga tahun berturut-turut.

“Keterlibatan aktif kami dalam Uji Publik KIP Jateng 2023 menegaskan komitmen untuk memberikan layanan terbaik. Termasuk membangun transparansi yang lebih baik dalam memberikan akses informasi kepada masyarakat khususnya,” imbuh Imam Maskur. (all/gih)