KPU Pemalang Buka Pendaftaran KPPS, Upah Rp 1,2 Juta untuk Ketua

Ketua Komisioner KPU Pemalang Agus Setiyanto
Ketua Komisioner KPU Pemalang Agus Setiyanto. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – KPU Pemalang buka pendaftaran petugas TPS atau Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) pada pertengahan Desember ini. Di mana mereka akan bekerja selama satu bulan menyiapkan sarana prasarana di 4.687 TPS, tersebar di 222 desa dan kelurahan di 14 Kecamatan di Pemalang, dengan upah Rp 1,2 juta untuk ketua PPS dan anggota Rp 1,1 juta.

Ketua Komisioner KPU Pemalang Agus Setiyanto menuturkan, secara resmi KPU belum mengumumkan pendaftaran KPPS, namun sebagai bocoran, pada 11 Desember ini telah dibuka pendaftaran di setiap desa di Pemalang. Dengan kebutuhan total ada 32.809 orang di 222 desa/kelurahan di 14 kecamatan di Kabupaten Pemalang.

Baca juga:  Dewan Ingatkan Masyarakat tak Salah Pilih

“Kalau dihitung ada sekitar 32 ribu lebih tenaga PPS yang akan kita buka pendaftarannya di masing-masing desa/kelurahan. Kebutuhan ini dihitung dari total 4.687 TPS dikalikan dengan 7 orang per TPS, dan siapa pun boleh mendaftarkan diri asalkan sesuai syarat,” terangnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan untuk syarat pendaftaran masyarakat yang berusia 17-56 tahun, berpendidikan SMA/sederajat, dapat membaca menulis dan tidak buta warna. Pendaftaran dapat dilakukan di masing-masing desa/kelurahan dengan menyertakan dokumen yang nantinya akan diumumkan menjelang pembukaan pendaftaran di 11 Desember nanti.

Baca juga:  Masa Tenang, Bawaslu Pemalang Copot Ratusan APK

“Mulai 11-20 Desember kita buka pendaftaran di desa untuk KPPS jumlah tenaga total ada 9 terdiri dari 7 orang KPPS dan 2 linmas. Kalau soal ijazah pendidikan, sesuai regulasi SMA/sederajat, tapi bisa diubah lebih rendah sesuai dengan kebijakan di lingkungan dan untuk tes kesehatan bagi seluruh pendaftar PPS digratiskan oleh Pemkab Pemalang di setiap Puskesmas,” pungkasnya. (fan/abd)