Kudus  

BSMB Kudus Berkomitmen Jaga Pengelolaan Sampah

Audiensi: Saat Ketua Bank Sampah Muria Berseri (BSMB) Kabupaten Kudus, Diana Kristiowati melakukan foto bersama Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Bergas CP, dan Kepala Dinas PKPLH Kudus, belum lama ini. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten Kudus meminta Bank Sampah Muria Berseri (BSMB) untuk terus menjaga komitmennya terkait pengelolaan sampah di Kota Kretek. Hal itu disampaikan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kudus saat menerima kunjungan mereka.

Ketua BSMB Kabupaten Kudus, Diana Kristiowati menyampaikan, terkait kunjungan atau audiensi ke Pj Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan, pihaknya menyampaikan capaian hasil kinerja mereka selama ini. Terlebih, untuk pengelolaan sampah di Kudus.

Selamat Idulfitri 2024

“Kami waktu kunjungan ke Pj Bupati Kudus itu melaporkan semuanya tentang capaian bank sampah kami terkait pengelolaan sampah terutama,” ungkapnya.

Baca juga:  BRI Kudus Serahkan Satu Ambulan ke Polres

Lebih lanjut, BSMB yang beralamat di Perumahan Muria Indah, Desa Gondang Manis, Kecamatan Bae, Kudus itu juga telah menghadiri kegiatan di Padang beberapa waktu lalu terkait pengelolaan sampah. Orang nomor satu di Kudus itu berharap, agar bank sampah yang dikomandoi oleh Diana itu bisa menerapkan ilmunya di Kudus usai kunjungan di kota yang terletak di Sumatra Barat itu.

“Harapannya bahwa apa yang baik diluar sana bisa diterapkan di Kudus. Beberapa waktu lalu juga kami pergi ke Padang untuk menerima penghargaan bank sampah binaan pegadaian dengan tata kelola terbaik,” terangnya.

Baca juga:  Pj Bupati Kudus Minta Semua Cabup Harus Saling Menghargai

Ia menyebut, bank sampah juga harus melakukan sinergi dan mendukung satu sama lain. Terlebih, untuk sektor Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mau melakukan gerakan menabung sampah. Sebab, pengelolaan sampah harus menyeluruh tak bisa parsial.

“Jadi tak bisa bank sampah jalan sendiri, pemerintah jalan sendiri. Tapi semuanya harus bisa tuntas intinya. Saling beriringan satu sama lain,” tandasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kudus, Bergas CP menyampaikan, apa yang dilakukan oleh BSMB selama ini dinilainya sangat luar biasa. Ia menyebut bahwa pengelolaan sampah di Kudus itu harus tuntas. Jangan sampai membebani Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Tanjung Rejo.

Baca juga:  8.400 Buruh Rokok Terdampak Banjir Dapat Bantuan 5kg Beras

“Ini sangat luar biasa. Komitmen ini harus terus dijaga. Harus melakukan gerakan bersama seluruh elemen demi terciptanya Kudus bersih,” bebernya. (cr12/fat)