Dapur AMIN Gelar Makan Gratis di Bantul, Jaring Suara dan Kuatkan Relawan

JARING: Dapur AMIN saat membagikan kaos dalam gelaran makan gratis bersama masyarakat dalam rangka menggaet suara, Kamis (7/12/23). (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dapur Anies-Muhaimin (AMIN) gelar makan gratis di sekretariat AB-Ningrat, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaring suara dan menguatkan simpul relawan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua Dapur AMIN Nasional Eko S. Dananjaya mengatakan, Dapur AMIN merupakan relawan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) yang sekaligus menjadi bagian dari tim kampanye nasional. Serta, sering menggelar makan gratis di beberapa tempat dengan maksud menjaring aspirasi.

“Dapur AMIN ini difungsikan untuk menjaring aspirasi masyarakat. Secara tersirat artinya kampanye supaya sembako itu murah. Agar masyarakat bisa hidup nyaman,” terangnya.

Baca juga:  Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Sumbar, Ratusan Warga Masih Mengungsi

Menurutnya, kegiatan semacam ini akan dilakukan ke beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng) dan DIY. Seperti Klaten, Boyolali, Sragen dan Sukoharjo. Kemudian, telah merencanakan untuk melakukan hal yang sama ke Jawa Timur dan Jawa Barat.

“Ini merupakan pembasisan ke daerah-daerah untuk memantau pemilu sampai ke TPS. Sasaran utamanya di DIY dan Jateng, karena merupakan basis pendukung di luas AMIN kuat. Jadi kita menyusup di mana saja yang basisnya tidak kuat,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Deputi Penggalangan Teritorial Tim Nasional AMIN Untoro Hariadi menambahkan, Dapur AMIN ini salah satu cara untuk mengkroscek basis-basis pendukung AMIN. Sekaligus, diharapkan bisa menemui langsung atau grassroots terhadap komunitas paling bawah, dari masyarakat yang punya problem mendasar.

Baca juga:  Di WWF Bali 2024, Pemprov Jateng Teken Kerja Sama Dengan UNESCO-IHE Institute for Water Education

“Selain menjadi sarana berinteraksi dengan membagikan makan juga dapat menyerap aspirasi. Baik mengenai perihal pendidikan keluarga, kesehatan dan pangan. Nanti, hasilnya akan kita sampaikan ke tim substansi nasional,” ucapnya.

Melihat dari beberapa daerah, lanjutnya, kegiatan tersebut sangat efektif lantaran disambut baik oleh masyarakat. Bahkan turut memberikan sumbangan kepada tim Dapur AMIN.

“Kemudian, perihal tantangan dalam kampanye di wilayah DIY cukup sulit. Tetapi kami optimis mendapatkan suara lebih, karena relawan kita sudah menyebar ke lima wilayah DIY. Bahkan tidak hanya yang tua, tapi juga anak muda. Serta target kami memang 57 persen,” pungkasnya.(cr13/sam)