Pati  

Bertemu Seribu Kyai di Pati, Pasangan Prabowo-Gibran Janjikan 3 Program untuk Pesantren

SUASANA: Dico Ganindato saat bertemu 1000 Kyai Kampoeng se Pati dan sekitarnya di Gedung Haji Pati, Sabtu (9/12/2023). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Pasangan Prabowo-Gibran menjanjikan tiga program untuk memajukan pendidikan keagamaan di pondok pesantren jika menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Tiga program tersebut yakni intensif bagi guru agama, dana abadi pesantren dan santri preneur.

Hal ini disampaikan oleh Dico Ganinduto yang mewakili Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri kegiatan bersama 1.000 Kyai Kampoeng se Pati dan sekitarnya di Gedung Haji Pati, Sabtu (9/12/2023). Menurutnya, tiga program tersebut dapat menyelesaikan permasalahan pendidikan keagamaan saat ini.

“Dari keagamaan yaitu yang pertama terkait intensif kepada guru agama. Intensif itu akan diberikan kepada guru-guru agama yang ada di wilayah Indonesia,” kata pria yang juga menjabat sebagai Bupati Bupati Kendal tersebut.

Baca juga:  Wapres Ingatkan Jaga Persatuan Umat Hadapi Tantangan Pemilu

Sementara terkait dana dana abadi pesantren, Dico menyampaikan bahwa pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 itu ingin melanjutkan program yang telah dijalankan Jokowi. Ia menilai dana tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan di seluruh Indonesia.

Dico mengaku sering mendampingi Gibran berkunjung ke pondok pesantren di Jawa Tengah. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui permasalahan tentang pendidikan keagamaan.

“Saya kebetulan sering mendampingi Mas Gibran. Jadi terkait persoalan administratif masih ada di pondok-pondok pesantren yang ada di Jawa Tengah. Jadi ke depan, program dana abadi pesantren yang sudah inisiasi Presiden Joko Widodo ini InsyaAllah akan terus dilanjutkan oleh Mas Gibran dan tentunya disempurnakan dananya akan ditingkatkan,” ucapnya.

Baca juga:  MTsN 1 Pati Datangkan Peneliti dari Italia untuk Perkuat Program Riset

Adapun program santri preneur diharapkan dapat meningkatkan kualitas santri dalam berbisnis. Program tersebut, kata dia, akan disinergikan dengan dana abadi pesantren. Yakni dengan melibatkan santri yang memiliki keinginan membangun usaha.

“Apabila santri yang ada di Indonesia ini kita perhatikan dan benar-benar menjadi santri yang memiliki kecerdasan yang tinggi, negara ini akan menjadi negara yang maju. Ini yang diyakini oleh Mas Gibran. Sehingga bukan hanya dana abadi pesantren, tapi ada program star up bagi milenial,” paparnya.

Sementara itu, Perwakilan Kyai di Pati, Abdul Hamid Ghazali menyambut baik tiga program yang dicanangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran untuk pendidikan keagamaan di pesantren. Ia pun optimis pasangan tersebut menang di Pilpres nanti.

Baca juga:  Polsek Juwana Amankan Ribuan Botol Arak

“Semoga acara ini memberikan keberkahan bagi kyai kampung semua yaitu untuk mendukung bapak Prabowo dan Mas Gibran. Semoga menjadi pimpinan Indonesia yang dicintai dan memberikan keberkahan bagi anak bangsa semua,” sambungnya. (lut/fat)