MAN 1 Sleman Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Tata Boga dengan PKL

PERHATIKAN: Siswa kelas XII Tata Boga saat melaksanakan PKL di University Club (UC) Hotel UGM, belum lama ini. (DOK SEKOLAH/JOGLO JOGJA)

UNTUK menambah ketrampilan siswa, MAN 1 Sleman melakukan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa kelas XII Tata Boga di hotel dan rumah makan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dalam kegiatan itu para siswa PKL dilakukan pembekalan dari University Club (UC) Hotel UGM. Di mana kegiatan itu dilakukan selama satu bulan, untuk mengasah dunia usaha untuk menjadikannya profesional.

Selamat Idulfitri 2024

Guru keterampilan Tata Boga MAN 1 Sleman Asih Purwanti mengungkapkan rasa senangnya karena tahun ini bisa melakukan PKL selama satu bulan penuh. Hal itu dikarenakan beberapa tahun terakhir hanya dilakukan dengan jangka waktu sebentar karena pandemi Covid-19.

Baca juga:  Pelanggar Operasi Ketupat Progo Bantul Turun Drastis

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa melaksanakan PKL selama satu bulan setelah beberapa tahun ini kita hanya bisa melaksanakan pelatihan table manner itu hanya selama sehari saja,” ungkapnya.

Asih mengungkapkan, baginya kegiatan PKL itu penting dilaksanakan supaya siswa dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar hotel. Di mana dalam kegiatan itu siswa akan  diberikan beberapa pelatihan.

“Dalam kegiatan PKL itu siswa akan diberikan dua materi dasar, yaitu metode cutting dan dasar-dasar teknik pengolahan. Mereka sangat antusias dan semangat dalam belajar. Semoga nanti semakin banyak ilmu yang mereka dapatkan,” ungkapnya.

Baca juga:  Tarik Minat Wisman, Yogyakarta Perlu Contoh MITEC

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak hotel yang telah memberi pembekalan dan menerima siswa untuk PKL. Dengan harapan mereka dapat menyerap ilmu yang yang akan dilakukan selama sebulan kedepan.

“Terima kasih, pihak hotel telah memberikan bimbingan dan pembekalan sebelum siswa diterjunkan PKL. Semoga kerjasama itu dapat berlanjut terus serta dapat menghasilkan generasi yang professional kedepannya,” pungkasnya. (riz/all)