DLH Kota Semarang Capai Target 1.000 Bank Sampah

AKTIVITAS: Para Ibu Rumah Tangga sedang belajar membuat kerajinan tangan yang terbuat dari daur ulang sampah Bank Sampah Mulyo Sedoyo di Jalan Ki Mangunsarkoro No.22, Kelurahan Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah belum lama ini. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang telah mencapai target memiliki 1.000 bank sampah hingga akhir 2023. Sampai saat ini, pengelolaan sampah yang masih aktif dan telah terdaftar di Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) sebanyak 625 bank sampah. Sedangkan 375 lainnya merupakan rintisan binaan yang belum terdaftar secara resmi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, FX Bambang Suranggono mengukapkan, sebanyak 375 bank sampah itu dirintis oleh mayoritas masyarakat di lingkup Rumah Tangga (RT). Kegiatan yang sudah dilakukan seperti pilah sampah RT hingga proses mendaur ulang menjadi suatu barang yang dapat dimanfaatkan kembali.

Selamat Idulfitri 2024

“Sepanjang 2023 ini kami sudah ada petugas penyuluh lapangan untuk melakukan pendampingan pada kegiatan bank sampah,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng.

Baca juga:  BPKH Berangkatkan 900 Warga Jateng Balik Kerja ke Jabodetabek

Selain itu, pihaknya juga memilih 16 titik wilayah yang ditunjuk sebagai pilot project di tiap tingkatan. Mulai dari RT, RW, hingga kelurahan. Hal tersebut bertujuan sebagai percontohan dalam optimalisasi pilah pilih sampah dari rumah.

“Kami siapkan kantong plastik, tempat sampah organik dan non organik, TPS (Tempat Pembuangan Sampah) sendiri dan sudah kami sediakan kontainer-kontainer untuk pilah sampah,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan itu, bisa menjadi percontohan untuk setiap elemen masyarakat. Mulai dari lingkup RT, RW, kelurahan hingga kecamatan. (cr7/fat)