Pati  

IPMAFA Pati Gelar Wisuda ke-12

SUASANA; Wisuda ke-12 IPMAFA di Adelia Bollrom New Merdeka Hotel, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – IPMAFA (Institut Pesantren Mathaliul Falah) menggelar upacara pelepasan wisuda ke-12 di Adelia Bollrom New Merdeka Hotel, belum lama ini. Acara tersebut dihadiri oleh para tamu undangan dari sahabat perguruan tinggi, Rais Syuriah PCNU, Ketua Dewan Yayasan Nurussalam Kajen, para ulama, dan Kodim.

Rektor IPMAFA Institut Pesantren Mathaliul Falah KH. Abdul Ghofarrozin, M.E menyampaikan, wisuda adalah proses menutup dan membuka proses baru. Ia juga mengingatkan bahwa Indonesia akan mendapatkan bonus demografi.

“Kalian akan mengisinya. Apakah akan menjadi wasilah Indonesia mendapatkan rahmah atau sebaliknya. Indonesia akan mendapatkan rahmah, jadi kalian para wisudawan harus betul-betul memainkan perannya sebagai kader bangsa, sebagai kader pesantren, sekaligus santri. Dimana kita bertempat kita wajib berkhidmah,” pesannya.

Baca juga:  Satpol PP Jaga Ketat Alun-alun Pati

IPMAFA juga menghadirkan Sidrotun Naim dari IPMI Internasional Bussines School sekaligus Wakil Sekretaris Jenderal PBNU. Dalam orasi ilmiahnya ia mengatakan bahwa para wisudawan beruntung karena bisa belajar di IPMAFA dan mendaptkan keilmuan dengan nilai dasar sholih akrom.

“Hal luar biasa yang sudah menjadi kebiasan di lingkungan dengan tradisi pesantren. Sholih itu juga manifestasi untuk bangsa dan negara. Akrom berhubungan demgan ketuhanan,” ungkap Sidrotun Naim. (hms/mg4)