Figur  

Keseriusan Geluti Public Speaking Bawa Linda Rahmanita ke Malaysia

Linda Rahmanita
Linda Rahmanita. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KEBERHASILAN dalam pencapaian seseorang, biasanya bermula dari keseriusan menggeluti bidang yang disukai. Hal itulah yang tercermin pada Linda Rahmanita, mahasiswi semester 5 yang kini menekuni kegemarannya dalam public speaking, hingga mengantarkan dirinya ke sejumlah pengalaman yang mengesankan.

Ketertarikannya berbicara di depan umum sudah melekat sejak ia duduk di bangku SMA. Tak ingin gairahnya hilang begitu saja, Linda memutuskan untuk menekuni bidang tersebut hingga di bangku kuliah yang memberi ruang lebih besar untuk ia berekspresi.

Keikutsertaan dirinya dalam sejumlah organisasi di kampus, mampu dimanfaatkan oleh Linda untuk mengembangkan bakat, utamanya dalam memimpin sebuah acara. Kemahirannya dalam mengolah kata di depan khalayak, menjadikan ia dipercaya sebagai pembawa acara di berbagai level mulai dari acara kampus hingga agenda pemerintahan.

Baca juga:  Dari Dream List Menjadi Runner Up 1 Duta Budaya DIY, Inilah Kisah Yessi Enggar Nuning Sawitri

“Aku mengikuti organisasi apapun untuk bisa mengasah kemampuan public speaking. Karena biasanya dalam organisasi pasti ada acara-acara yang memberi kesempatan anggota untuk banyak bicara dan berdiskusi. Jadi secara tidak langsung skill kita ikut meningkat,” ungkapnya, Minggu (17/12/23).

Dalam mengasah kemahirannya, dara ayu kelahiran Pekalongan ini mengaku tidak pernah pilah-pilah bila diminta untuk menjadi pembawa acara maupun moderator. Atas sikap itulah yang membawa Linda dapat tawaran ‘manggung’ di sejumlah event besar seperti seminar nasional hingga beberapa kegiatan diskusi yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Pekalongan.

Baca juga:  Tak Pernah Putus Asa dalam Meraih Juara

“Aku selalu ambil kesempatan untuk jadi MC dan moderator. Tentu fungsinya agar memperbanyak jam terbang bicara di depan umum,” katanya.

Atas kepiawaian tersebut Linda kini menjelma menjadi pembawa acara dan moderator yang berbakat. Ia menyebut, salah satu pencapaian besar lainnya di bidang public speaking adalah ketika ditugaskan mewakili kampusnya dalam kegiatan Kalijaga International Student Mobilization Award (KISMA) di Malaysia. Linda berperan mempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya secara lugas dan menarik.

Selain kuliah, mahasiswi jurusan Tadris Bahasa Inggris UIN Gusdur Pekalongan ini memiliki kesibukan lain sebagai talent content salah satu media informasi di Pekalongan. Hal yang masih dekat dengan kegemarannya berbicara di depan umum.

Baca juga:  Tangkap Peluang Magang di Perusahaan Transportasi

Sebagai pemudi yang aktif, Linda selalu berpesan kepada rekan sejawatnya agar selalu memanfaatkan setiap kesempatan untuk mencoba hal yang disukai. “Pesan paling penting yang gak pernah bosen aku kasih tau ke teman-teman itu jangan pernah sia siain kesempatan buat mencoba segala sesuatu hal yg kamu sukai,” pungkasnya. (cr9/gih)