700 Vial Vaksin Booster Disiapkan Dinkes Pemalang untuk Masyarakat

RAMAI: Para wisatawan lokal yang datang untuk menikmati suasana di Pantai Widuri Pemalang, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Angka kasus Covid-19 yang terus naik di sejumlah daerah pada akhir 2023, menjadikan alasan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemalang kembali menggencarkan vaksinasi booster kedua untuk masyarakat di sejumlah puskesmas. Total ada 700 vial dosis vaksin Covid-19 yang disiapkan, dengan harapan kasus positif di Pemalang tidak semakin bertambah.

Kepala Dinkes Pemalang Yulies Nuraya, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2p) Aris Gunarto menuturkan. mulai pekan ini Dinkes telah menyiapkan 700 vial dosis vaksin berjenis Inavac di seluruh puskesmas. Hal ini merujuk petunjuk dari Dinkes Provinsi untuk setiap fasilitas kesehatan (faskes) bisa kembali aktif memberikan vaksinasi Covid-19, setelah adanya kenaikan kasus di Jawa Tengah.

Baca juga:  DPRD Pemalang Setujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023

“Kita mulai pekan ini sudah mulai aktif kembali mendistribusikan vaksin Covid-19 di seluruh puskesmas di Pemalang. Jadi masyarakat silakan melakukan vaksinasi agar tubuh lebih terlindungi dari virus Covid-19. Vaksin ini merupakan vaksin booster ke-II untuk masyarakat,” ucapnya.

Ia menjelaskan, total ada 25 puskesmas di Pemalang yang akan menjadi faskes penyalur vaksinasi ke masyarakat. Di mana setiap faskes akan mendapatkan minimal 10 vial dosis vaksin yang bisa digunakan untuk 50 orang, sehingga tiap vial dosis berlaku untuk vaksinasi lima orang.

Lebih lanjut, Aris mengimbau masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan perayaan Nataru 2024 ini. Selain itu, mereka juga harus menjaga kebugaran tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat bergizi, agar virus Covid-19 tidak mudah masuk ke tubuh.

Baca juga:  Bupati Pemalang Minta Kemenag Cek Kelayakan Bus Kepulangan Jemaah Haji

“Sebenarnya masyarakat kita sudah punya kekebalan komunal, tetapi karena virus semakin berkembang dan berevolusi, maka harus kembali vaksin. Tapi langkah paling mudah untuk masyarakat selain vaksin yaitu tetap jaga kebugaran atau kesehatan tubuh, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan setiap selesai beraktivitas di luar untuk menghindari penularan,” imbuhnya. (fan/abd)