MTsN 9 Bantul Cetak Generasi Berjiwa Wirausaha Melalui Kurikulum Merdeka

MERIAH: Beberapa pelajar MTsN 9 Bantul tengah mementaskan cerita Frozen dalam rangka perayaan Hari P5 PPRA di halaman sekolah, Kamis (21/12/23). (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jateng – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Bantul berhasil mencetak generasi berjiwa wirausaha melalui penerapan kurikulum merdeka. Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5 PPRA), ini telah dilaksanakan selama dua tahun berturut-turut.

Kepala MTsN 9 Bantul Nur Hasanah Rahmawati mengungkapkan, program ini dilaksanakan oleh kelas 7 dan 8, dengan tema yang berbeda. Hal ini diharapkan mampu menumbuhkan tingkat kreativitas siswa dalam pencapaian selama satu semester.

Selamat Idulfitri 2024

“Tahun ini, kelas 7 mengusung tema kewirausahaan dengan sub tema pengolahan limbah menjadi barang kerajinan bernilai jual tinggi. Untuk hasil karyanya sendiri, berupa vas bunga dari handuk bekas, sabun cuci piring dan sabun pencuci lantai,” ungkapnya.

Baca juga:  MTsN 3 Sleman Gelar Pesantren Ramadan, Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Siswa

Di sisi lain, kelas 8 fokus pada tema sehat jiwa raga dengan mengemasnya dalam market day. Sedangkan produk yang dijual merupakan hasil karya makanan dan minuman sehat, higienis dan halal, tanpa pengawet, pewarna dan pemanis buatan.

“Rangkaian acara kali ini menjadi kolaborasi meriah antara gelar karya kelas 7 dan 8, serta pentas aksi drama musikal dari kelas 7, 8 dan 9. Namun, juga menjadi hari perpisahan dengan tiga guru dan satu kepala tata usaha yang berpindah ke madrasah lain,” imbuhnya.

Pihaknya mengapresiasi program P5 PPRA ini, lantaran berhasil meningkatkan minat dan bakat siswa. Selain aspek akademik, program ini juga membentuk karakter siswa. Melalui pameran ini, siswa dinilai dalam hal kemandirian, kerja sama, inovasi dan kreativitas.

Baca juga:  Sektor Pariwisata Sumbang PAD Sleman Rp 64,5 M

“Menurut kami hal ini sangatlah penting sebagai bekal untuk masa depan siswa. Sekolah juga telah mendukung penuh dalam memfasilitasinya, baik dalam bidang akademik maupun non akademik, untuk mempersiapkan masa depan mereka dengan baik,” tandasnya.(cr11/sam)