Kualitas Data Jadi Kunci Pembangunan di Pemalang

Sekda Kabupaten Pemalang Heriyanto
Sekda Kabupaten Pemalang Heriyanto. (HUMAS/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dalam upaya mendukung hasil pembangunan di Kabupaten Pemalang yang baik, efektif, efisien, dan terukur, maka diperlukan data yang berkualitas. Hal ini disampaikan Sekda Kabupaten Pemalang Heriyanto saat membuka Forum Satu Data Indonesia (SDI) di ruang rapat Bappeda setempat, beberapa waktu lalu.

“Kualitas data akan menentukan kualitas pembangunan. Jadi kalau datanya berkualitas, maka pembangunan akan terjaga,” ujar Sekda Heriyanto.

Menurut Heriyanto, dalam siklus kebijakan pembangunan yang efektif dan terukur, diperlukan data yang berkualitas untuk mengambil keputusan atau kebijakan publik. Maka dari itu, ada rumusan atau formula kebijakan untuk kemudian di implementasikan lalu ada evaluasi dan penilaian.

Baca juga:  PDAM Tirta Mulia Pemalang Beri Bantuan Pembangunan Jalan Desa

“Setelah kebijakan tersebut dievaluasi dan dianalisis, kemudian untuk mengambil kebijakan yang baru begitulah siklus dalam bekerja selalu ada perbaikan. Jadi orang bekerja seperti itu terus menerus tidak ada berhentinya seperti itu,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Sekda, untuk menghasilkan data yang berkualitas, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang menggelar forum SDI. Dalam rangka membahas permasalahan penyelenggaraan di daerah, pengelolaan portal SDI, dan rencana aksi SDI Kabupaten Pemalang 2024.

“Diperlukan adanya kerja sama antar produsen data (OPD) dengan harapan data di Kabupaten Pemalang mendapat nilai bagus. Jadi sudah saatnya kita berprestasi dan budaya baru tercipta,” pungkasnya. (hms/abd)