DPU Kota Semarang Gelontorkan Dana Rp 30 M untuk Pengaspalan Ulang

Kepala DPU Kota Semarang, Suwarto
Kepala DPU Kota Semarang, Suwarto. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang menggelontorkan dana sebanyak Rp 30 miliar guna pengaspalan ulang jalan di sejumlah titik Kota Atlas. Meski hingga saat ini masih banyak ditemukan jalan masih ditambal, DPU memastikan pengerjaan itu terus berlanjut hingga tahun depan.

“Karena anggaran perubahan itu waktunya mepet dan kita masih menunggu persetujuan dari BPK, (jadi, Red.) mulainya agak terlambat. Nanti yang belum (dilakukan proses pengaspalan, Red.) dilanjut di tahun 2024. Karena memang jalan-jalan di Kota Semarang banyak yang tua dan sudah tembel-tembel,” kata Kepala DPU Kota Semarang, Suwarto kepada Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  Tanamkan Paham Kebhinnekaan di Momen Imlek dan Valentine

Ia menambahkan, pada tahun 2024, DPU akan melanjutkan proses pengaspalan ulang di Jalan Soekarno – Hatta yang diketahui sudah banyak bekas lubang yang ditambal. Pengerjaan itu menjadi kewenangan pihaknya.

“Kemarin ada keluhan dari masyarakat (soal jalan rusak, Red.) di Jalan Majapahit, tapi bukan kewenangan kita, tapi (pemerintah, Red.) provinsi. Begitu pula dengan Jalan Prof Hamka,” jelasnya.

Di sisi lain, kata dia, pihaknya juga telah melakukan betonisasi di Jalan Gajahmungkur, Jalan Kartini, dan sekitar Jalan Kampung Kali. Dirinya berharap, tidak ada masyarakat yang iseng mengambil material besi dari beton jalan tersebut.

Baca juga:  Berhasil Edarkan Uang Layak Edar Rp 33 Triliun, BI bakal Sasar Daerah 3T

“Merubah mindset masyarakat agak sulit. Ini yang perlu kita edukasi ke mereka secara umum,” pungkasnya. (cr7/mg4)