Pj Gubernur Jateng Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 9 Jembatan

KOMPAK: Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mendampingi Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jembatan Pemali Brebes B pada Rabu (3/1/2024).

BANYUMAS, Joglo Jateng – Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sebanyak sembilan jembatan callender hamilton di Jawa Tengah pada 2-3 Januari 2024.

Dari sembilan jembatan tersebut, sebanyak tiga jembatan berada di lintas selatan Jawa Tengah dan enam jembatan berada di lintas utara Jawa Tengah.

Peresmian tiga jembatan di lintas selatan Jawa Tengah dipusatkan di Jembatan Tajum Margasana Banyumas pada Selasa, 2 Januari 2024. Sedangkan enam jembatan di lintas utara dipusatkan di Jembatan Pemali Brebes B pada Rabu, 3 Januari 2024.

Baca juga:  Banyumas 10.000 Lengger Bicara Masuk Rekor Dunia

Tiga jembatan di lintas selatan meliputi Tajum Margasana dan Tajum Karangbawang di Kabupaten Banyumas, serta Jurug B di Surakarta.

Sementara 6 jembatan di lintas utara meliputi Pemali Brebes B dan Pedes B di Kabupaten Brebes, Kalibanger A di Kota Semarang, Wonokerto II A di Kabupaten Demak, Juana I A di Kabupaten Pati, dan Pang I di Kabupaten Rembang.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, total jembatan callender hamilton di Jawa yang dilakukan penggantian dan atau duplikasi sebanyak 37 unit. Sembilan di antaranya ada di Jawa Tengah.

Jembatan tersebut harus diganti dan atau diduplikasi karena umur layanannya sudah lebih dari 40 tahun. Sementara beban yang melintasi di atasnya semakin berat.

Baca juga:  Pemprov Jateng Tekan Emisi Gas Rumah Kaca dengan Gerakan Pemulihan Hutan dan Uji Emisi Gratis

“Karena beban berat yang melintas setiap hari di jembatan ini, maka perlu pengganti baru sehingga beban menjadi lebih baik,” kata Jokowi saat meresmikan jembatan.

Infrastruktur jembatan ini diharapkan bisa menunjang mobilitas orang maupun barang secara lebih cepat dan aman. Sehingga, nantinya akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi. (hms/rds)