Kudus  

Bawaslu Kudus Butuhkan Ribuan Pengawas TPS

PAPARAN: Tampak Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan sedang memberikan arahan kepada peserta yang hadir, belum lama ini. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dalam melakukan pengawasan di Tingkat TPS, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus segera membuka pengawas TPS di seluruh wilayah Kota Kretek. Dengan total 2.623 pengawas TPS.

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan menjelaskan syarat untuk menjadi pengawas TPS. Yakni mengacu pada surat edaran Ketua Bawaslu RI nomor 498/HK.01.01/K1/12/2023.

“Isinya tentang petunjuk teknis pembentukan dan pergantian antar waktu pengawas tempat pemungutan suara dalam Pemilu 2024. Intinya pendaftar harus Warga Negara Indonesia (WNI). Pada saat mendaftar usia paling rendah 21 tahun dan pasti harus setia kepada Pancasila sebagai dasar negara,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  Polres Kudus Amankan Dua Pria Terkait Penyalahgunaan Narkotika

Selain itu, kata Minan, pendaftar harus mempunyai integritas, berkepribadian kuat, jujur dan adil. Serta, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu. Ditambah dengan berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

“Untuk domisilinya itu di kecamatan setempat dalam NKRI yang dibuktikan dengan KTP, mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Jika ikut parpol maka harus mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun  pada saat mendaftar sebagai calon PTPS,” terangnya.

Baca juga:  Pemkab Kudus Siap Dampingi Persiku Junior Jika Capai Final

Sementara itu, untuk pendaftaran dan penerimaan berkas dimulai sejak 2 Januari hingga 6 Januari 2024  di seluruh kantor Panwaslu Kecamatan di mulai pukul 07.00 sampai 16.00. Adapun daftar tempat kantor Panwaslu Kecamatan se-Kudus. Seperti, Kantor panwas Kecamatan Kota di Jalan Ganesha Raya No 34 Purwosari. (adm/fat)