Dishub Bantul: Uji KIR Gratis Masih Minim Peminat

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Bantul Gatot Sunarto
Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Bantul Gatot Sunarto. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul telah memberlakukan pengujian kendaraan bermotor secara gratis, per 1 Januari lalu. Namun minat masyarakat Bantul masih minim.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Bantul Gatot Sunarto menyampaikan, pelayanan uji KIR sudah mulai beroperasi sejak 2 Januari lalu. Namun tercatat dalam dua hari masa beroperasinya uji KIR gratis ini masih belum banyak warga yang melakukan pengujian.

“Tanggapan masyarakat kami rasa sangat positif terhadap kebijakan penggratisan ini. Akan tetapi, untuk jumlah kendaraan yang uji KIR dua hari ini belum signifikan,” ungkapnya.

Baca juga:  Perkuat Branding, Sertifikasi Alpukat Suro Diajukan

Menurutnya, pada 2 Januari lalu kurang dari 30 kendaraan yang melakukan uji KIR. Sedangkan di hari kedua, ada 42 kendaraan yang telah melangsung uji KIR. “Tapi kemungkinan jumlah yang itu akan meningkat di pertengahan Januari nanti. Prediksi kami sepekan lagi sudah mulai ramai,” imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, pelayanan uji KIR ini dibuka mulai pukul 07.30-14.30, dengan kapasitas maksimum kurang lebih 70 kendaraan. Tetapi hal ini tidak lepas dari peran masyarakat. Artinya, jika persiapannya bagus pengujiannya akan sangat cepat.

Lebih lanjut, pengujian KIR ini merupakan salah satu sarana teknis untuk menjaga keselamatan bagi pada pengendara. Yakni berfungsi sebagai penjaminan kecelakaan dari sisi teknis.

Baca juga:  Libur Sekolah Diprediksi Tingkatkan Volume Sampah di Yogyakarta

“Harapannya dengan adanya uji KIR gratis ini, sudah bukan alasan lagi untuk tidak melakukan pengujian. Karena hal ini sangat mendukung tingkat keselamatan, sehingga angka kecelakaan juga bisa turun,” pungkasnya.(cr13/sam)