Kudus  

Kemenag Kudus Gelar Donor Darah Sebagai Wujud Kemanusiaan

DONOR: Tampak salah seorang pendornor sedang diambil darahnya di ruang UKS MAN 1 Kudus, Rabu (3/1/24). (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sebagai bentuk rasa kemanusiaan, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kudus menggelar pelayanan donor darah. Kegiatan tersebut berlangsung di MAN 1 Kudus, Rabu (3/1/24).

Kepala Kemenag Kudus, Suhadi menyebutkan, agenda donor darah tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag Kudus. Donor darah ini sangat penting. Karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Sehingga, menunjukkan rasa peduli terhadap sesama.

“Kami berharap, bagi keluarga Kemenag, dirasa tubuhnya sehat dan layak untuk donor, kami mohon untuk berdonor,” ujarnya.

Baca juga:  Sektor Kredit ASN di Kudus Mengalami Pertumbuhan

Sementara itu, panitia donor darah, Dewi Kurniawati mengatakan, panitia HAB bekerja sama dengan Dhara Wanita Persatuan (DWP) untuk mengadakan kegiatan donor darah. Hal itu dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke-78 Kemenag RI Kudus.

Sementara itu, untuk prosedurnya melalui beberapa tahap. Pertama, peserta yang mau donor darah, beberapa hari sebelumnya sudah dikasih tahu untuk mendaftarkan diri melalui link pendafataran.

Lalu direkap semua data yang masuk. Pada saat hari donor darah tiba, peserta yang sudah mendaftar di link melakukan pengecekan lagi. Seperti, cek tensi dan cek hb.

Baca juga:  Promosikan Potensi Desa Melalui Parade Seni Budaya

“Dari kami sendiri mentarget 50 pendaftar. Biasanya hanya 20-30 orang saja. Karena kebanyakan beberapa orang tidak memenuhi syarat untuk di ambil darahnya. Seperti halnya, saat di cek tensinya tinggi. Otomatis tidak bisa donor darah,” terangnya.

Selain itu, kegiatan donor darah ini ditujukan oleh pegawai ASN, Kemenag, penyuluh, penghulu, dan tata usaha. Sebagian lagi ada yang dari guru aliyah, tsanawi, dan madrasah.

“Imbauan untuk seluruh staf Kemenag agar ikut donor darah. Karena donor darah itu menyehatkan tubuh kita. Insyaallah darah yang kita berikan sangat bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan,” pungkasnya. (cr12/fat)