Figur  

Mahasiswi UMBY Raih Best Paper di ISCMI 2023

Raden Ayu Demisia Aseh
Raden Ayu Demisia Aseh. (DOK PRIBADI/ JOGLO JOGJA)

MAHASISWI Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Angkatan 2021, Raden Ayu Demisia Aseh berhasil meraih prestasi yang membanggakan sebagai Best Paper dalam 2nd International Student Conference on Multiple Intelligences (ISCMI). Penghargaan tersebut diperolehnya usai melakukan riset yang cukup panjang.

Ayu sapaan akrabnya menjelaskan ISCMI tahun ini diadakan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bersama Asosiasi Dosen Akuntasi Indonesia (ADAI) November 2023 lalu. Dalam ajang tersebut, gadis kelahiran Tulungsari Sulawesi Selatan itu, berhasil menyita perhatian peserta konferensi dengan judul penelitian Analysis of the Influence of Financial Performance on Changes in Digital Bank Share Prices Listed on the IDX.

“Konferensi ini merupakan ajang bagi mahasiswa dan akademisi untuk berbagi penelitian dan ide-ide terkini berkaitan dengan tema yang diusung oleh penyelenggara yaitu Harmonization knowledge in The Digital Era of Society 5.0,” terangnya, Rabu (3/1/24).

Baca juga:  Kejar Mimpi di Dunia Desain UI/UX

Ayu mengatakan, penelitiannya bersama dosen pembimbing Endang Sri Utami membahas secara mendalam dampak kinerja keuangan terhadap harga saham bank digital yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia atau IDX. Pasalnya, pengerjaan paper dilakukan selama kurang lebih dua bulan.

“Pengerjaannya dimulai awal September hingga akhir Oktober 2023. Sebelumnya, dilakukan penelitian terlebih dahulu dan risetnya dimulai dari awal tahun, Januari 2023,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, penelitiannya itu, dimulai dari melihat fenomena dan highlight isu yang terjadi di pasar modal. Menurutnya tema itu, cukup menarik sehingga ia mengangkat isu terkait sektor bank digital.

Baca juga:  Mengabdi untuk Jadi Pelopor Trigatra Bangun Bahasa

Ayu, kemudian melakukan pengumpulan data dari website IDX maupun OJK. Setelah itu, mencocokkan dengan teori dari kampus dan kemudian melakukan analisis data statistik.

“Akhirnya saya mendapatkan hasil yang selanjutnya ingin kami sharing di konferensi melalui ISCMI atas rekomendasi dari dosen pembimbing,” jelas Ayu.

Dikatakan, hasil penelitian itu, untuk memberikan informasi yang relevan bagi dunia keuangan dan investasi. Selain itu, juga untuk membuka wawasan baru tentang sejauh mana kinerja keuangan dapat memengaruhi perubahan harga saham dalam industri perbankan digital yang sedang berkembang pesat.

Baca juga:  Kamila Atsil: Remaja Jogja yang Terbang Tinggi dengan Semangat dan Kegigihan

“Saya merasa terhormat dapat diberi kesempatan berpartisipasi dalam konferensi ini dan meraih penghargaan Best Paper merupakan hal yang di luar ekspektasi saya dan sangat saya syukuri. Ini adalah hasil dari doa dan dukungan rekan-rekan terdekat, spesial dari Ibu Endang sebagai dosen pembimbing saya,” ungkapnya haru.

Ia juga berharap, capaiannya itu, akan merangsang teman-teman lainnya untuk semangat meraih pretasi baik melalui kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik. “Saat ini kampus juga sudah sangat terbuka untuk mahasiswa yang ingin mengikuti berbagai perlombaan maupun ajang-ajang prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” tutupnya. (bam/all)