Jepara  

Kapolres: Jepara Zero Knalpot Brong

AMANKAN: Anggota Polres Jepara leakukan penindakan kepada salah satu pengendaran yang menggunakan knalpot tidak standar, belum lama ini. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan tindak tegas pengguna knalpot brong. Tujuannya, ciptakan situasi kondusif dan Jepara zero knalpot brong.

Selama ini, kata dia, terdapat sejumlah laporan dan informasi ihwal keresahan masyarakat karena bisingnya knalpot brong yang melintas. Baik siang dan juga malam, mengganggu keamanan serta kenyamanan masyarakat.

“Kebisingan yang ditimbulkannya sudah mengganggu ketentraman masyarakat dan pengguna jalan lainnya,” papar AKBP Wahyu yang diwakili Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami.

Selain itu, penertiban knalpot brong dilakukan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban. Serta menjadikan jalan raya aman dan nyaman bagi masyarakat Kabupaten Jepara juga pengguna jalan.

Baca juga:  Tanamkan Cinta Seni Ukir, Siswa-siswi Belajar Mengukir

“UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tentang Knalpot yang tidak memenuhi persyaratan teknis layak jalan. Maka akan kita tindak tegas kepada para pengguna sepeda motor yang memakai knalpot brong,” jelasnya.

Sebelumnya, usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023, Jumat (23/12) Polres Jepara juga telah melakukan pemusnahan 173 knalpot brong atau racing. Jumlah itu merupakan hasil sitaaan dari saat operasi balap liar.

Pemusnahan yang dipimpin Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dilakukan dengan cara dipotong menggunakan mesin gergaji besi. Supaya tidak bisa dipasang kembali oleh pemiliknya, karena dinilai mengganggu kenyamanan orang lain. (cr2/fat)