KPU Pemalang Mulai Lakukan Penulisan Sampul Suara

PANTAU: Komisioner KPU Pemalang Divisi Hukum dan Pengawasan Supriyanto saat mengawasi pelaksanaan penulisan sampul surat suara di pendopo KPU Pemalang, Kamis (4/1/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang mulai melaksanakan penulisan sampul surat suara Pemilu 2024 di pendopo KPU Pemalang, Kamis (4/1/24). Kegiatan dilakukan dengan mengerahkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Taman dan Pemalang. Ada 12 jenis sampul surat suara yang akan digunakan, dengan jumlah kebutuhan keseluruhan 60.913 sampul untuk 4.687 TPS di Pemalang.

Ketua Komisioner KPU Pemalang Agus Setiyanto melalui Supriyanto selaku Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan menuturkan, penulisan sampul surat suara ini harus dilakukan dengan penuh ketelitian. Selain itu, penulis harus menuliskan setiap tulisan dengan benar serta dapat dibaca, agar memudahkan kinerja petugas TPS pada saat pemungutan suara.

Baca juga:  Harso Susilo Dilantik sebagai Kepala Disdukcapil Pemalang

“Yang jelas, mereka menulisnya harus sejelas mungkin dan bisa dibaca semua orang, agar memasukkan surat suara sesuai jenisnya. Dengan begitu, tidak ada kekeliruan data nantinya,” ucapnya.

Ia menjelaskan, setiap TPS nantinya akan dibekali dengan 12 jenis sampul surat suara, yaitu sampul surat suara, sampul BA dan rekapitulasi pengembalian form C, sampul surat suara sah, sampul surat suara tidak digunakan, sampul surat suara rusak, sampul surat suara tidak sah, sampul formulir model C hasil, sampul formulir C salinan, sampul formulir pendamping pemberitahuan dan tanda terima, formulir hasil rekap DPPK, sampul formulir kejadian khusus. Dengan banyaknya jenis sampul ini, ia berharap para petugas TPS bisa lebih teliti saat memasukkan atau memisahkan setiap surat suara nantinya.

Baca juga:  Galangkan Dukungan Politik, Bobi Mencoba Bermanuver di Gerindra

Lebih lanjut, pada penulisan ini, KPU merencanakan dapat menyelesaikannya selama 3-4 hari sesuai dengan kemampuan petugas penulisan. Selanjutnya di pekan ke dua Januari ini, pihaknya akan mulai melaksanakan pelipatan surat suara langsung di gudang penyimpanan dengan pengawasan ketat.

“Logistik sebagian besar sudah tiba, jadi sekarang kita menyiapkannya dari sampul ini sampai surat suara nanti. Mudah-mudahan cepat diselesaikan agar tidak mengganggu pelaksanaan tahapan pemilu berikutnya hingga hari H pemungutan suara pada 14 Februari 2024,” imbuhnya. (fan/abd)