KPU Pemalang Mulai Lipat Surat Suara

JABARKAN: Salah satu pekerja pelipatan surat suara yang memperlihatkan surat suara yang ia lipat di Gudang Surat Suara KPU Pemalang, Minggu (7/1/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Selesainya tahapan distribusi logistik terutama surat suara dari KPU RI, Minggu (7/1) kemarin KPU Kabupaten Pemalang mulai melaksanakan pelipatan surat suara. Pada kegiatan ini, KPU mempekerjakan 510 orang pekerja perempuan dan laki-laki yang dilakukan langsung di gudang surat suara.

Ketua KPU Pemalang Agus Setiyanto menuturkan setelah seluruh distribusi surat suara selesai pada awal Januari ini, KPU Pemalang langsung bergerak cepat melaksanakan pelipatan di Gudang Penyimpanan. Ratusan orang yang bekerja dalam pelipatan ini dibagi menjadi 51 kelompok dengan jumlah per kelompok 10 orang.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Bantu Renovasi Rumah Tak Layak Huni Milik Suhadi di Desa Tumbal

“Alhamdulillah seluruh logistik sudah mulai kita proses lanjut, kemarin penulisan sampul suara di Pendopo KPU Pemalang dan khusus pelipatan kita lakukan di gudang langsung. Mudah-mudahan prosesnya cepat selesai dan tidak ada kendala hingga hari pencoblosan nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sekertaris KPU Pemalang Benny Nugraha menjelaskan proses pelipatan surat suara ini akan diagendakan selama lebih dari sepakan atau maksimal 10 hari. Pada hari pertama sebelum pelaksanaan pelipatan terlebih dahulu KPU melakukan briefing ke semua petugas, serta penandatanganan Pakta intergritas.

Untuk penggajian setiap pekerja, KPU memberikan upah dengan perhitungan per surat suara. Tarifnya yaitu Surat Suara Presiden Rp206 per surat suara, dan Surat Suara Pemilihan Legislatif (Pileg) Rp275 per surat suara, sehingga besarannya tergantung banyak sedikitnya jumlah surat suara yang dikerjakan.

Baca juga:  TPA Pesalakan Resmi Ditutup

“Kami imbau untuk seluruh pekerja pelipatan mohon ikuti aturan pelaksanaan pelipatan ini yang telah ada di setiap kelompok. Dan kita jamin pelaksanaannya akan aman, karena sebelum dan sesudah kita periksa seluruh pekerja,” ucapnya.(fan/fat)